Pengaruh Metode Latihan Resistensi dan Plyometrik dengan Konsentrasi terhadap kemampuan Mawashi Geri atlet karate Junior Putera Dojo Tako kabupaten Simalungun

Muhammad, Prawibowo (2024) Pengaruh Metode Latihan Resistensi dan Plyometrik dengan Konsentrasi terhadap kemampuan Mawashi Geri atlet karate Junior Putera Dojo Tako kabupaten Simalungun. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_MUHAMMAD_PRAWIBOWO_22199031_529_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mawashi geri adalah salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh atlet karate. Diperlukan pendekatan untuk meningkatkan kemampuan ini dengan menggunakan Metode latihan Resistensi dan Plyometric, sehingga memaksimalkan kinerja atlet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak dari metode resistensi dan plyometric terhadap kemampuan Mawashi Geri atlet junior Putera Dojo Tako kabupaten simalungun Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain eksperimen faktorial 2x2. Sampel penelitian terdiri dari 32 atlet karate junior Putera Instrumen tes yang digunakan meliputi penilaian konsentrasi grid dan evaluasi kemahiran menendang mawashi geri. Analisis data menggunakan metode two-way ANOVA, dilanjutkan dengan pemeriksaan tambahan menggunakan uji Tukey. Temuan penelitian berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) kelompok yang melakukan Latihan resistensi lebih baik dalam peningkatan hasil kemampuan mawashi geri, ditunjukkan dengan sig= 0.200 > 0.005. (2) Terdapat interaksi antara metode resistensi dan plyometrik dan konsentrasi (tinggi dan rendah) (3) Pada Kelompok Konsentrasi, Latihan Resistensi dengan konsentrasi tinggi lebih baik dan lebih dari pada kelompok plyometrik, diukur melalui kelompok A1B1 = 50.625 lebih besar dan memberikan pengaruh yang signifikan dari pada dari A2B1 = 47.250 dengan nilai signifikansi 0.014 > 0,05. (4) Pada Kelompok Konsentrasi rendah latihan plyometrik lebih baik dari pada resistensi, kelompok A2B2 = 46.500 lebih besar dan memberikan pengaruh yang signifikan dari pada dari A1B2 = 46.000 dengan nilai signifikansi 0.014 > 0,05. Penelitian ini menetapkan bahwa metode latihan resistensi lebih baik dari metode latihan plyometrik dalam meningkatkan kemampuan tendangan atlet karate junior putera Dojo Tako kabupaten Simalungun, khususnya dalam teknik mawasahi geri.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlnedral, AlnedralUNSPECIFIED
CorrectorNeldi, HendriUNSPECIFIED
CorrectorChaeroni, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LATIHAN RESISTENSI, LATIHAN PLYOMETRIK, MAWASHI GERI
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 May 2024 01:41
Last Modified: 20 May 2024 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52041

Actions (login required)

View Item View Item