Penerapan Metode Solfegio Ear Training dalam Pembelajaran Praktek Instrumem Mayor (gesek) II Departemen Sendratasik Prodi Pendidikan Musik Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Padang

Mimanda, Fela Vio (2024) Penerapan Metode Solfegio Ear Training dalam Pembelajaran Praktek Instrumem Mayor (gesek) II Departemen Sendratasik Prodi Pendidikan Musik Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_FELA_VIO_MIMANDA_22161032_1551_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode solfegio ear training dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar mahasiswa dalam membidik nada pada mata kuliah pembelajaran praktek instrumen mayor gesek 2 Departemen Sendratasik Prodi Pendidikan Musik FBS UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research secara kolaboratif menggunakan siklus Kemmis dan Mctaggart. Kolaborator penelitian yaitu dosen pengampu mata kuliah praktek instrumen mayor gesek. Subjek penelitian yaitu mahasiswa angkatan tahun 2022 praktek instrumen mayor gesek II (PIM 2) prodi pendidikan musik FBS UNP. Prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian adalah dalam bentuk lembar kriteria tes penilaian. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, tes penilaian praktik, dokumentasi. Teknik analisis data diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata pra siklus yaitu 56,2 kategori cukup (C) = belum tuntas (2) pada siklus 1 adalah 67 kategori cukup (B-) = belum tuntas, (3) pada siklus 2 yaitu 79,4 = tuntas. Mahasiswa mengalami peningkatan pada siklus 1 yaitu sebesar 10,8 dan pada siklus 2 yaitu 12,4. Penelitian berhasil di siklus 2 pada pertemuan terakhir atau ke 2 dan hasilnya signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa membidik nada dalam memainkan instrumen gesek mengalami peningkatan setelah di lakukan tindakan dengan menerapkan metode solfegio ear training. Maka dari itu metode solfegio ear training dapat diterapkan dalam pembelajaran praktek bermain instrumen gesek.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdipal, ArdipalUNSPECIFIED
CorrectorLumbantoruan, JagarUNSPECIFIED
CorrectorSyeilendra, SyeilendraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: METODE SOLFEGIO EAR TRAINING, PEMBELAJARAN PRAKTEK INSTRUMEM MAYOR
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 May 2024 09:38
Last Modified: 17 May 2024 09:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52038

Actions (login required)

View Item View Item