Pengaruh Campuran Mordan Terhadap Hasil Ecoprint Menggunakan Teknik Blanket pada Daun Kenikir (cosmos caudatus) Menggunakan Bahan Katun

Diva, Rahmatul (2023) Pengaruh Campuran Mordan Terhadap Hasil Ecoprint Menggunakan Teknik Blanket pada Daun Kenikir (cosmos caudatus) Menggunakan Bahan Katun. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_RAHMATUL_DIVA_19075193_499_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan daun kenikir untuk membuat motif menggunakan teknik ecoprint dengan mordan yang dicampurkan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan arah nama warna yang dihasilkan dari campuran mordan terhadap hasil ecoprint daun kenikir (2) Mendeskripsikan kejelasan motif yang dihasilkan dari campuran mordan terhadap hasil ecoprint daun kenikir (3) Mendeskripsikan pengaruh campuran terhadap kejelasan motif dengan hasil ecoprint daun kenikir pada bahan katun. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif eksperimental dengan pembuatan ecoprint variasi penggabungan 3 mordan. Mordan yang digunakan adalah (tawas, tunjung, soda ash), (tawas, tunjung. sodium asetat) dan (tawas, tunjung, kapur sirih). Motif ecoprint menggunakan daun kenikir. Zat warna yang digunakan untuk blanket adalah secang. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner dengan pengujian arah nama warna dan kejelasan motif. Teknik analisis data menggunakan persentase frekuensi dan program SPSS (Statistical Product And Service Solution) Versi 27.0. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Arah nama warna yang dihasilkan oleh campuran (tawas, tunjung, soda ash) adalah Olive. Campuran (tawas, tunjung, sodium asetat) adalah Dark Brown. Campuran (tawas, tunjung, kapur sirih) adalah Dark Olive Green. Selanjutnya,warna ibu tulang daun pada campuran (tawas, tunjung, soda ash) tidak berpengaruh. Campuran (tawas, tunjung, sodium asetat) adalah Dark Brown. Campuran (tawas, tunjung, kapur sirih) adalah Dark Olive Green. (2) Hasil uji kejelasan motif dengan campuran (tawas, tunjung, soda ash) dengan kategori jelas dengan rata-rata 3.06. Campuran (tawas, tunjung, sodium asetat) dengan kategori jelas dengan ratarata 3.66. Pada campuran (tawas, tunjung, kapur sirih) kategori tidak jelas dengan rata-rata 2.86. (3) Hasil penelitian dari uji friedman K-Related Sample untuk uji kejelasan motif memperoleh nilai signifikasi < taraf signifikasi = 0,004 < 0,05 dengan hasil bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dimana Ha menyatakan bahwa terdapat pengaruh campuran mordan pada ecoprint daun kenikir pada bahan katun terhadap kejelasan motif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYusmerita, YusmeritaUNSPECIFIED
CorrectorAdriani, AdrianiUNSPECIFIED
CorrectorNelmira, WeniUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 May 2024 09:37
Last Modified: 17 May 2024 09:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52036

Actions (login required)

View Item View Item