Putri, Rezki Amelia
(2024)
Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Tamu di Grand Basko Hotel Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan pada kepuasan tamu
terhadap kualitas pelayanan dan perceived value di Grand Basko Hotel. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi kualitas pelayanan dan
perceived value terhadap kepuasan tamu di Grand Basko Hotel. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kuantitatif yang berfokus pada hubungan asosiatif
kausal. Populasi pada penelitian ini adalah para tamu yang pernah menginap di
Grand Basko Hotel, dengan jumlah sampel sebanyak 141 responden yang dipilih
menggunakan teknik sampel purposive sampling.
Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer. Data
dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner (angket) yang menggunakan skala
likert yang telah melewati uji validitas dan reliabilitas. Setelah itu, data penelitian
diproses menggunakan perangkat lunak SPSS 26.00, dan hasil analisisnya disajikan
dalam bentuk tabel. Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa dimensi Kualitas
Pelayanan (X1) dinilai baik dengan persentase 36,00%, perceived value (X2) juga
dinilai baik dengan persentase 35,00%, dan kepuasan tamu juga dinilai baik dengan
persentase 31,00%.
Berdasarkan pengujian regresi liniear F 25.562 dengan sig 0,00 < 0,05 maka
variabel dimensi kualitas pelayanan dan perceived value secara bersama-sama
mempengaruhi kepuasan tamu dengan nilai R Square 0,261. Dimensi kualitas
pelayanan dan perceived value mempengaruhi kepuasan tamu secara signifikan
sebesar 26,1% dan 73,9% oleh faktor lainnya.
Actions (login required)
|
View Item |