Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Halaqah pada Pembelajaran Fiqih Sujud Syukur

Qurba, Al-Qanit (2024) Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Halaqah pada Pembelajaran Fiqih Sujud Syukur. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_AL-QANIT_QURBA_21155001_1160_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi guru tidak menggunakan bahan ajar seperti modul dikarenakan beberapa alasan, belum adanya modul untuk peserta didik menggunakan metode pembelajaran halaqah. Guru juga belum pernah mengembangkan modul pembelajaran berbasis halaqah terutama dalam pembelajaran Fiqih yang terdapat beberapa materi yang harus menggunakan bahan ajar lain untuk peserta didik belajar secara mandiri maupun kelompok sehingga dalam penerapan pembelajaran peran pendidik lebih dominan dari pada peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subyek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 orang dengan rincian 1 orang guru Fiqih dan 29 peserta didik. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket uji validitas menggunakan formula Aiken V dan praktikalitas, dan hasil belajar siswa untuk uji efektivitas dari modul Fiqih yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa hasil uji validitas berdasarkan validasi angket ahli media diperoleh nilai Aiken V 0,94 kategori sangat valid. Hasil validasi ahli materi diperoleh nilai Aiken V 0,76 kategori. Validasi ahli bahasa diperoleh nilai Aiken V 0,84 kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas berdasarkan angket respons guru Fiqih diperoleh nilai Aiken V 0,94 kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas berdasarkan angket respons siswa dari kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 89,83. Sedangkan untuk ketertepatan modul diperoleh nilai rata-rata sebesar 91,33% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJasrial, JasrialUNSPECIFIED
CorrectorAnanda, aAzwarUNSPECIFIED
CorrectorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL BERBASIS PENDEKATAN HALAQAH, PEMBELAJARAN FIQIH SUJUD SYUKUR
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 May 2024 09:36
Last Modified: 17 May 2024 09:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52017

Actions (login required)

View Item View Item