Akhirudin, Muhammad
(2024)
Problematika Guru Pendidikan Agama Islam
Dalam Mengatasi Dekadensi Moral Peserta Didik SMA Negeri 3 Merangin.
Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika yang dihadapi oleh guru
Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik di SMAN 3
Merangin. Perubahan sosial dan budaya yang cepat dapat berpengaruh pada moralitas
peserta didik, sehingga diperlukan peran aktif dari guru Pendidikan Agama Islam dalam
menghadapi tantangan ini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk
mendapatkan pemahaman mendalam tentang problematika yang dihadapi oleh guru dan
upaya yang diambil untuk mengatasi dekadensi moral peserta didik. Data dikumpulkan
melalui wawancara dengan beberapa guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 3
Merangin, serta observasi langsung terhadap proses pembelajaran dan interaksi di dalam
kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa faktor yang menjadi problematika bagi
guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik meliputi
faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal seperti : problematika 4 kompetensi
dan sarana dan prasarana yang kurang memadai. Sementara faktor eksternal seperti
Rendahnya pendidikan orang tua peserta didik dimasa lampau, lingkungan pergaulan
peserta didik, latar belakang keluarga yang berbeda, pengaruh teknologi, Pengaruh
peserta didik pindahan dari sekolah lain, Kurangnya pengawasan dari orang tua kepada
peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |