Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Perilaku Keberagamaan Remaja di Korong Batiah-Batiah, Nagari Gadur, Kecamatan Enam Lingkung

Al Fajrani, Al Fajrani (2024) Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Perilaku Keberagamaan Remaja di Korong Batiah-Batiah, Nagari Gadur, Kecamatan Enam Lingkung. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_07_AL_FAJRANI_18329090_1320_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya rasa sosial sehingga tidak ada terjadi suatu interaksi dalam kehidupan bermasyarakat, di era globalisasi seperti sekarang ini banyak terjadi fenomena-fenomena interaksi sosial yang terjadi di masyarakat. Salah satu fenomena interaksi sosial yang sedang marak melanda masyarakat khususnya melanda anak muda dan remaja adalah penggunaan situs jejaring sosial (Facebook, Youtube, Email, WhatsApp Twitter, Chatting dan lain-lain) yang menyebabkan terjadinya permasalahan dalam interaksi terhadap lingkungan sosial maupun interaksi teman sebaya yang mempengaruhi agama seorang remaja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap perilaku keberagamaan remaja di Korong Batiah-Batiah Nagari Gadur Kecamatan Enam Lingkung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional dengan teknik regresi linear sedethana. Populasi dari penelitian ini adalah remaja yang berada di Korong Batiah-Batiah, dengan sampel yang digunakan berjumlah 60 remaja diantaranya 28 remaja laki-laki dan 32 remaja perempuan. Data interaksi teman sebaya dan perilaku keberagamaan diperoleh dari penyebaran angket, yang mana angket memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas instrumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresilinear sederhana, yang memenuhi persyaratan uji asumsi klasik(normalitas dan linearitas), uji-f, uji-t, dankoefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis uji-f diperoleh f hitung = 20.984 ≥ f tabel = 4.00 artinya terdapat pengaruh interaksi teman sebaya terhadap perilaku keagamaan. Kemudian hasil analisis koefisien determinasi(r2) diperoleh nilai r2 = 26,6% yang berarti variabel interaksi teman sebaya dipengaruhi oleh variable perilaku keagamaan sebesar 26,6% dan sisanya 73,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Maka hal ini dapat dilihat bahwa jika seseorang berkumpul dengan orang yang rajin beribadah atau sholat berjamaah, maka dia akan seperti itu dan apabila dia berkumpul dengan seseorang yang suka berjudi, maka kurang lebih dia akan seperti itu pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorRahman, RiniUNSPECIFIED
CorrectorWirdati, WirdatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Interaksi Teman Sebaya, Perilaku Keberagamaan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 17 May 2024 03:15
Last Modified: 17 May 2024 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52008

Actions (login required)

View Item View Item