Oktofanny, William
(2023)
Pengaruh Metode Teaching Games For Understanding (TGFU) dan Konvensional Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Kemampuan Object Control Siswa SD N 52NPematang Pauh Kecamatan Tungkal Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini untuk melihat perbadaan pengaruh pemberian program pembelajaran yang menggunakan metode teaching gamesfor understanding (TGFU) dan konvensional dalam pembelajaran pendidikan jasmani terhadap kemampuan siswa dalam penguasaan Object Control di SD N 52/VPematang Pauh Kecamatan Tungkal Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Barnt Provinsi Jambi. Tujuan dari penelitian ini agar guru mengetahui metode mana yang lebih layak digunakan untuk penyusunan program pembelajaran pendidikan jasmani terhadap kemampuan siswa dalam penguasaan Object Control dan apakahjenis kelamin menentukan kemampuan siswa dalam penguasaan Object Control.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif assosiatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experiment). Rancangan penelitian ini yaitu rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD N 52/V Pematang Pauh Kecamatan Tungkal Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Barnt Provinsi Jambi berjumlah 264
orang. Sampel diambil menggunakan probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling yang dibagi simple random sampling berjumlah 18 siswa putra dan 14 siswa putri, kemudian dikelompokkan menggunakan matching ordinal pairing. Instrument penelitian menggunakan tes TGMD-2 (Test of Gross Motor Skill-2). Data dianalisis dengan analisis jalur melalui pengujian ANAVA 2 jalur pada a= 0,05.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan tingkat
kemampuan objek kontrol berdasarkan pemberian metode pembelajaran dimana dapati dalam tabel hasil uji hipotesis pada baris metode diperoleh nilai signifikansi sebesar
0.004, (2) Terdapat perbedaan tingkat kemampuan objek kontrol berdasarkan perbedaan
jenis kelamin dimana dapati dalam tabel hasil uji hipotesis pada baris jenis kelamin (JK) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.002, (3) Tidak terdapat interaksi metode pembelajaran dan jenis kelamin dalam menentukan tingkat kemampuan objek kontrol
dimana dapati dalam tabel hasil uji hipotesis pada baris metode * jenis kelamin (JK)
diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.945, (4) Tingkat kemampuan objek kontrol anak
laki-laki yang di beri metode pembelajaran TGFU lebih tinggi dari pada tingkat kemampuan objek kontrol anak laki-laki yang di beri metode pembelajaran konvensional, (5) Tingkat kemampuan objek kontrol anak perempuan yang di beri metode pembelajaran
TGFU sama dengan tingkat kemampuan objek kontrol anak perempuan yang di beri metode pembelajaran konvensional.
Kesimpulannya bahwa metode pembelajaran yang diberikan mempengaruhi kemampuan objek kontrol siswa, sama halnya dengan perbedaan jenis kelamin dimana anak laki - laki biasanya lebih unggul dari pada perempuan. Metode pembelajaran dan jenis kelamin masing - masing memberikan pengaruh kepada kemampuan objek kontrol tapi tidak saling mempengaruhi, sehingga bisa jadi anak perempuan dan laki-laki dengan metode yang sama memiliki peningkatan yang sama.
Actions (login required)
|
View Item |