Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Koordinasi terhadap Keterampilan Dribbling Sepakbola Peserta Didik SSB Guguk Malintang Junior Kota Padang Panj ang.

Hafiz, Auliya (2023) Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Koordinasi terhadap Keterampilan Dribbling Sepakbola Peserta Didik SSB Guguk Malintang Junior Kota Padang Panj ang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_AULIYA_HAFIZ_21199014_7664_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di SSB Guguk Malintang Junior terlihat bahwa masih rendahnya keterampilan dribbling sepak bola peserta didik. Hal ini diduga strategi pembelajaran yang digunakan pelatih masih kurang efektif dan juga kurang diperhatikannya koordinasi gerak peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kooperatif, strategi pembelajaran inquiry dan kemampuan koordinasi terhadap keterampilan dribbling sepakbola. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SSB Guguk Malintang Junior yang terdaftar pada SSB sebanyak 32 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling, jadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang. Instrumen yan digunakan dalam penelitian ini adalah tes Korperkoordinationstest Fur Kinder (KTK) dan tes keterampilan dribbling. Data dianalis menggunakan analisis varians (ANOVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji-T. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Secara keseluruahan keterampilan dribbling sepakbola peserta didik SSB Guguk Malintang Junior yang di ajar melalui strategi kooperatifhasilnya lebih baik dari pada kelompok peserta didik yang di ajar melalui strategi inquiry (FtabeI = 2,515 > FtabeI = 2,048). ). (2) Secara keseluruhan terdapat perbedaan hasil perlakuan keterampilan dribbling sepakbola antara kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan koordinasi tinggi dengan peserta didik yang memliki kemampuan koordinasi rendah diterima, karena hasil perhitungan menunjukkan bahwa Fhitung = 28,18> Ftabet = 4,20. (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan koordinasi terhadap keterampilan dribbling sepakbola peserta didik SSB Guguk Malintang Junior (Fhitung = 10,68 > Ftabet = 4,20). (4) Pada kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan koordinasi tinggi yang diajar melalui strategi kooperatif hasilnya lebih baik dari pada kelompok peserta didik yang diajar melalui strategi inquiry (thitung= 9,393 > ttabet = 2,145). (5) Pada kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan koordinasi rendah yang diajar melalui strategi kooperatif hasilnya lebih baik dari pada kelompok peserta didik yang diajar melalui strategi inquiry (thitung = 0,530 < ttabet = 2, 145).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBakhtiar, SyahrialUNSPECIFIED
CorrectorEmral, EmralUNSPECIFIED
CorrectorArsil, ArsilUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 May 2024 02:11
Last Modified: 17 May 2024 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51989

Actions (login required)

View Item View Item