Witri, Rahmi Eka
(2023)
Pengembangan Modul Hukum Dasar Kimia Berbasis PBL Terintegrasi Green Chemistry Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penerapan kurikulum merdeka di tingkat SMA dapat menjadi peluang bagi para pendidik untuk mengembangkan bahan ajar altematif yang sesuai dengan standar kurikulum terbaru. Salah satu altematif bahan ajar yang dapat digunakan adalah modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul hukum dasar kimia berbasis Problem Based Leaming terintegrasi green chemistry yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan pendidikan (educational design research) atau dikenal dengan EDR. Subjek uji dalam penelitian ini adalah tiga orang dosen kimia, dua orang guru kimia, dan siswa kelas X. Hasil penelitian diperoleh validitas konstruk 0,90 dan validitas isi 0,91. Hasil uji praktikalitas oleh guru dan siswa termasuk dalam kelompok sangat praktis dengan nilai masing-masing 0,88 dan 0,84. Hasil uji t terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa t-hitung (2,87) lebih besar dari t-tabel (1,67) dan nilai Keterampilan Proses Sains (KPS) pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa modul berbasis problem based learning yang diintegrasikan dengan green chemistry pada materi hukum kimia dasar valid, praktis, dan efektif. Oleh karena itu, modul yang dibuat dapat dikatakan handal dan bermanfaat untuk digunakan dalam proses pembelajaran
Actions (login required)
|
View Item |