Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII SMPN

Putri, Emi Suryani (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII SMPN. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_EMI_SURYANI_PUTRI_18205008_7634_2023.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah bertujuan untuk meningkatkan daya analitis peserta didik dalam mengambil keputusan sehingga membantu pembentukan persepsi peserta didik dengan cara melihat matematika sebagai bagian terintegrasi dalam kehidupan, namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah peserta didik belum optimal, salah satu penyebabnya adalah belum tersedianya perangkat pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik yang valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika kelas VII SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu, preliminary, prototyping dan assesment. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Rao Utara. Validasi dilakukan oleh pakar pendidikan matematika, teknologi pendidikan, dan bahasa Indonesia. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil angket praktikalitas terhadap pelaksanaan pembelajaran, angket peserta didik dan guru. Kefektifan dilihat dari hasil belajar peserta didik. Hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Perangkat pembelajaran sudah praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan, karena perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Perangkat pembelajaranjuga telah efektifkarena dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing kelas VII Semester I yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorYefrizon, YefrizonUNSPECIFIED
CorrectorArnawa, I MadeUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 May 2024 01:23
Last Modified: 17 May 2024 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51976

Actions (login required)

View Item View Item