Putri, Yolanda Dwi
(2023)
Pengaruh Kegiatan Fun Cooking dan Jenis Kelamin terhadap PerkembanganKognitif Anak.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini berawal dari penelitian menemukan permasalahan anak kelompok TK B TK Pembina 02 Lagan pada tanggal 12 Desember sampai 28
Februari 2023. Permasalahan belum berkembangnya perkembangan kognitif dalam memecahkan masalah, membandingan, mengelompokkan, mengurutkan,
mengamati dan mengkomunikasikan yang terbilang rendah baik pada anak laki
laki atapun pada anak perempuan. Sulit mengevaluasi kemauan belajar, anak sukar memusatkan perhatian dan halhal yang dapat diingat relatif pendek yang terjadi anak lakilaki dan anak perempuan. Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengaruh Kegiatan Fun Cooking dan Jenis Kelamin terhadap Perkembangan Kognitif Anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk
eksperimenfactorial design 2 x 2. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling pada penelitian ini eksperimen dan kontrol masingmasing berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi untuk perkembangan kognitif dan jenis kelamin dan alat pengumpulan data digunakan lembar pemyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh kegiatan Fun Cooking terhadap perkembangan kognitif anak yang dibuktikan dengan Uji-Anava dengan hasil 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh jenis kelamin terhadap perkembangan kognitif anak dibuktikan dengan Uji-Anava 0,033 > 0,005. (3) Terdapat interaksi antara kegiatan Fun Cooking dan jenis kelamin dibuktikan dengan Uji-Anava dengan hasil 0,002 < 0,05 (4) Terdapat pengaruh kegiatan Fun Cooking dan jenis kelamin secara bersama terhadap perkembangan kognitif anak dengan uji regresi linear berganda dengan hasil 0,000<0,05. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan Fun Cooking dan Jenis Kelamin berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak.
Actions (login required)
|
View Item |