Analisis Deforestasi di Taman Nasional Kerinci Seblat studi kasus Desa Renah Pemetik menggunakan pendekatan penginderaan jauh

Andrian, Andrian (2024) Analisis Deforestasi di Taman Nasional Kerinci Seblat studi kasus Desa Renah Pemetik menggunakan pendekatan penginderaan jauh. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_06_AZHARIL_NAUFAL_ANWAR_19136058_720_2024.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis deforestasi di Taman Nasional Kerinci Seblat, khususnya di Desa Renah Pemetik, selama periode 2014 hingga 2022. Tujuan penelitian melibatkan pemahaman tingkat konversi lahan hutan menjadi lahan perkebunan, identifikasi lokasi perambah, dan penentuan faktor pendorong perambahan oleh masyarakat di wilayah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan penginderaan jauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama delapan tahun terakhir, terjadi konversi lahan hutan menjadi lahan perkebunan seluas 9.217,25 hektar di Desa Renah Pemetik. Deforestasi tersebut memengaruhi berbagai zona Taman Nasional Kerinci Seblat, termasuk Hutan Produksi, Taman Nasional, Zona Inti, Zona Rehabilitasi, dan Zona Rimba. Data citra satelit Quikbird dari Google Earth mengidentifikasi 2.619 titik rumah perambah di Desa Renah Pemetik, di antaranya 960 titik berada di dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat, dan 1.659 titik di luar wilayah tersebut. Faktor pendorong utama perambahan di Desa Renah Pemetik didasarkan pada hasil penelitian yaitu karena adanya faktor ekonomi dan ajun arah. Deforestasi yang terjadi disebabkan oleh pembukaan lahan untuk perkebunan menjadi penyebab utama perubahan lahan di Taman Nasional Kerinci Seblat, khususnya di wilayah Renah Pemetik, selama periode 2014 hingga 2022. Studi ini memberikan wawasan penting untuk merumuskan kebijakan konservasi hutan dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan di kawasan ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRamadhan, RiskyUNSPECIFIED
CorrectorAhyuni, AhyuniUNSPECIFIED
CorrectorPurwaningsih, EndahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Deforestasi, Peginderaan Jauh, Taman Nasional
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 May 2024 08:50
Last Modified: 16 May 2024 08:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51962

Actions (login required)

View Item View Item