Uzlah, Umi
(2023)
Pengembangan Video Media loose part untuk meningkatkan kreativitas di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Rokan Hulu.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kreativitas memiliki fungsi mengembangkan seluruh kemampuan potensi anak dalam menggambarkan perasaan serta memperoleh sesuatu yang barn berkaitan dengan proses pembelajarannya. Faktor penyebab kreativitas anak rendah adalah pemberian tugas yang terlalu banyak, karena hal seperti itu dapat membuat anak cepat lelah, dan memicu perasaan anak cepat bosan, sehingga membuat anak menjadi malas dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa video pembelajaran berbasis loose part untuk meningkatkan kreativitas pada anak di Taman Kanak-Kanak.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket untuk uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan video Media loose part pada tahap analysis video pembelajaran berbasis loose part diperlukan untuk meningkatkan kreativitas anak dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Tahap design, dengan menyusun indikator, subtema dan materi pembelajaran, kemudian merancang rencana pelaksanaan pembelajaran harian, pemilihan format video pembelajaran berbasis loose part, rancangan awal produk, proses produksi, dan pasca produksi video pembelajaran berbasis loose part. Tahap Development menghasilkan konten pengembangan media video pembelajaran berbasis loose part divalidasi oleh ahli materi dinyatakan sangat valid dengan persentase 98, 71 %, validasi ahli media dinyatakan sangat valid dengan persentase 100%, validasi ahli instrumen budaya dinyatakan sangat valid dengan persentase 100%. Tahap Implementation, penerapan media video pembelajaran berbasis loose part dinyatakan sangat praktis dengan persentase 89% dan dinyatakan sangat efektif dengan persentase kelas B 1 87 ,91 % dan di kelas B2 84, 16%. Tahap Evalution, video pembelajaran berbasis loose part dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kraetiviats pada anak. Video pembelajaran berbasis loose part untuk meningkatkan kraetivitas pada anak usia dini dinyatakan sangat valid, praktis dan efektif.
Actions (login required)
|
View Item |