Optimalisasi Pelaksanaan Tata Kelola Pasar Rakyat Sri Gading di Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu Oleh UPT. Pasar Rakyat

Hawarnia, Anggi (2024) Optimalisasi Pelaksanaan Tata Kelola Pasar Rakyat Sri Gading di Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu Oleh UPT. Pasar Rakyat. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_05_ANGGI_HAWARNIA_BATUBARA_19042103_373_2024.pdf

Download (950kB) | Preview

Abstract

Pasar merupakan salah satu wadah untuk melakukan kegiatan ekonomi berupajual beli yang mampu menunjang kesejahteraan masyarakat. Pasar membutuhkanpengelolaan yang tepat untuk dapat berkembang dengan baik. Pada pasar rakyat Sri Gading yang dikelolah oleh pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, terdapat perandari UPT Pengelolaan Pasar dalam membina serta memeilhara pasar tersebut. Namunsejak terbakar pada tahun 2013, pengelolaan Pasar Rakyat Sri Gading seakanluput oleh pantauan pengelola pasar sehingga menyebabkan terganggunya efektifitastransaksi jual beli antara pedagang dan pembeli, karena tidak beraturannya lokasi dantidak didukung oleh kelengkapan sarana dan prasarana serta pengelolaan dari pihakterkait, yakni UPT pengelolaan pasar. Tujuan dilakukannya enelitian ini adalah untukmengetahui peran UPT Pasar Rakyat dalam Pengelolaan Pasar Rakyat Sri GadingKecamatan Pasir PenyuKabupaten Indragiri Hulu serta kendala yang dihadapi olehUPT Pasar Rakyat dalam mengelola Pasar Rakyat Sri Gading di KecamatanPasir Penyu. Hasil Penelitian di dapatkan bahwa dalam pelaksanannya mengelola Pasar Rakyat Sri Gading di Kecamata pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu belumdapat optimal dikarenkan terdapat beberapa kendala teknis maupun non teknis baikdari internal UPT Pasar Rakyat itu sendiri maupun Eksternalnya, diantaranya yaitu: (a) Kegiatan koordinasi dan rapat arahan yang sangat jarang dilaksanakandanmengakibatkan kurangnya koordinasi, (b) Tenaga kerja yang terbatas dalamstruktur kepengurusan maupun petugas lapangan dari pihak UPT Pengelola Pasar Rakyat, sehingga menimbulkan tidak opitimalnya kinerja dari UPT Pasar Rakyat, (c) PihakDinas Perindustrian dan Perdagangan kurang menanggapi serius kebutuhanyangdiperlukan oleh kantor UPT Pasar Rakyat, (d) Revitalisasi Pasar yang tak kunjungdirealisasikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalau, HasbullahUNSPECIFIED
CorrectorSyamsir, SyamsirUNSPECIFIED
CorrectorAdnan, FachriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pasar,Pengelolaan, UPTPasar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 May 2024 08:48
Last Modified: 16 May 2024 08:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51954

Actions (login required)

View Item View Item