Tindak Tutur Direktif dalam Novel Layangan Putus Karya Mommy ASF dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia

Ratika, Linuri Sari (2024) Tindak Tutur Direktif dalam Novel Layangan Putus Karya Mommy ASF dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_LINURI_SARI-RATIKA_19016026_440_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tiga hal berikut, Pertama, mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur direktif yang dugunakan oleh para tokoh dalam Novel Layangan Putus Karya Mommy ASF. Kedua, mendeskripsikan strategi bertutur dalam novel Layangan Putus karya Mommy ASF. Ketiga, mendeskripsikan implikasi Tindak Tutur Direktif dalam Novel Layangan Putus Karya Mommy ASF terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah novel yang berjudul Layangan Putus karya Mommy ASF. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu melalui studi telaah dokumen dengan cara membaca, memahami, dan mencatat hasil yang diperoleh. Teknik pengabsahan data penelitian ini adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data pada penelitian ini ada tiga tahapan, yaitu mengidentifikasi data yang berhubungan dengan bentuk-bentuk dan strategi bertutur dalam Novel Layangan Putus Karya Mommy AS, lalu penyajian data berupa dengan bentuk-bentuk dan strategi bertutur, dan menarik kesimpulan dari penganalisisan data yang sudah dilakukan. Ada tiga temuan dalam penelitian ini. Pertama, tindak tutur direktif yang paling dominan adalah memohon dan yang paling sedikit adalah menantang. Kedua, dari lima strategi bertutur yang ditemukan, strategi bertutur yang paling dominan adalah Strategi Bertutur Terus Terang tanpa Basa-basi (BTTB). Dan yang paling sedikit adalah strategi bertutur yang sedikit digunakan Strategi Bertutur secara Samar-samar (BSS). Ketiga, penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks novel kelas VIII dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.3 Menganalisis isi dan kebahasaan novel serta Kompetensi Dasar (KD) 4.3 Merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulisan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEmidar, EmidarUNSPECIFIED
CorrectorArief, ErmawatiUNSPECIFIED
CorrectorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 May 2024 07:39
Last Modified: 16 May 2024 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51953

Actions (login required)

View Item View Item