Analisis Gerak Tari Buai-Buai di Perguruan Seni Tradisi Singo Barantai Kelurahan Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang

Azhara, Shafana Aulia (2023) Analisis Gerak Tari Buai-Buai di Perguruan Seni Tradisi Singo Barantai Kelurahan Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SHAFANA_AULIA_AZHARA_19023107_6531_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengetahui secara mendalam tentang Struktur Gerak Tari Buai-Buai dan mendeskripsikan Gerak Tari Buai-Buai di Perguruan Seni Tradisi Kelurahan Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis, kamera, handy-cam dan flashdisk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah mengidentifikasi data, mendeskripsikan data, mengklarifikasi data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan gerak Tari Buai-Buai di Lubuk Lintah dapat ditinjau dari aspek ruang, waktu dan tenaga. Dari aspek ruang gerak adalah pada garis berjumlah 8 garis bersudut, 7 garis lurus, dan 1 garis melengkung. Volume yang dominan adalah volume besar dan sedang. Arah hadap pada gerak Tari Buai-Buai berjumlah 5 depan, 3 belakang, 6 samping kanan, 3 samping kiri, 4 diagonal kanan, 5 diagonal kiri. Sedangkan fokus pandang pada gerak Tari Buai-Buai dominan ke depan. Aspek waktu pada gerak Tari Buai-Buai lebih banyak dominan tempo cepat dengan ritme yang berulang dari awal sampai akhir (repetitive). Memiliki kesan bahagia dalam mengerjakan kegiatan bertani. Aspek tenaga pada gerak Tari Buai-Buai dominan kuat, tekanan dominan kuat dan beberapa gerakan memiliki aksen. Dari keseluruhan gerak Tari Buai-Buai dianalisis dari aspek ruang, aspek waktu, aspek tenaga memiliki keterkaitan dari kesan yang dimunculkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmawati, DarmawatiUNSPECIFIED
CorrectorSusmiarti, SusmiartiUNSPECIFIED
CorrectorRosalina, VennyUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 16 May 2024 07:26
Last Modified: 16 May 2024 07:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51952

Actions (login required)

View Item View Item