Efektivitas Bimbingan Kelompok Cognitive Behavior Therapy dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa

Dianti, Tiara Maiza (2023) Efektivitas Bimbingan Kelompok Cognitive Behavior Therapy dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_TIARA_MAIZA_DIANTI_21151029_7513_2023.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dalam pembelajaran akan membangkitkan harga diri positif. Kompetensi dan prestasi merupakan elemen integral dari harga diri (self-esteem) dan terkait dengan penilaian harga diri. Permasalahan yang ditemukan masih terdapat siswa yang memiliki self-esteem akademik yang rendah seperti tidak berani menampilkan keunggulan diri karena berfokus pada kekurangan diri, kurangnya usaha siswa dalam melatih kemampuan diri. Kondisi seperti ini menjadi perhatian, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan self-esteem siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan self-esteem siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif, (2) menganalisis perbedaan self-esteem siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok yang biasa digunakan guru BK di sekolah (3) menganalisis perbedaan self-esteem siswa kelompok eksperimen yang mengikuti layanan bimbingan kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif dengan kelompok kontrol yang mengikuti layanan bimbingan kelompok yang biasa digunakan guru BK di sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. J enis penelitian quasi exsperiment design model non equivalent control group design. Populasi penelitian sebanyak 288 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 20 siswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan penarikan sampel dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan ialah ska/a self- esteem. Data dianalisis dengan uji wilcoxon signed ranks test dan kolmogorov- smirnov two independent sampels dengan bantuan SPSS versi 25.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ( 1) terdapat perbedaan yang signifikan self-esteem siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif, (2) terdapat perbedaan yang signifikan self-esteem siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok yang biasa digunakan guru BK di sekolah, dan (3) terdapat perbedaan self-esteem siswa kelompok eksperimen yang mengikuti layanan bimbingan kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif dengan kelompok kontrol yang mengikuti layanan bimbingan kelompok yang biasa digunakan guru BK di sekolah. J adi, bimbingan kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif efektif untuk meningkatkan self-esteem siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorHariko, RezkiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 May 2024 07:18
Last Modified: 16 May 2024 07:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51950

Actions (login required)

View Item View Item