Pengembangan Video kegiatan Fun Cooking Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Dan Kemandirian Anak Di Taman Kanak­ Kanak Kabupaten Rokan Hulu.

Syahyoeseva, Syahyoeseva (2023) Pengembangan Video kegiatan Fun Cooking Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Dan Kemandirian Anak Di Taman Kanak­ Kanak Kabupaten Rokan Hulu. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SYAH_YOE_SEVA_20330086_9163_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal yang peneliti temukan tentang permasalahan dalam perkembangan anak di Taman Kanak­kanak, yaitu kecakapan hidup dan kemandirian pada beberapa anak belum terstimulasi dengan baik, faktanya di lapangan masih terdapat beberapa anak membuang sampah sembarangan, memasang sepatu minta bantuan gurunya, meletakkan peralatan makan masih belum teratur, Ketika guru meminta anak berkreasi sesuai imajinasinya sendiri masih banyak anak yang tidak mampu menunjukkan ide dan gagasan dalam berkarya, anak­ anak jarang yang menerapkan kegiatan membersihkan peralatan makanan di sekolahan bahkan dirumah, ada anak yang tidak menjawab salam dan menyapa guru saat bertemu guru dijalan, kurangnya perhatian orang tua tentang kemampuan kecakapan hidup bagi anak, orang tua lebih mementingkan kecakapan akademik seperti membaca, menulis dan berhitung. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan video kegiatan fun cooking untuk meningkatkan kecakapan hidup dan kemandirian pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket untuk uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan video kegiatan fun cooking pada tahap analysis video kegiatan fun cooking diperlukan untuk meningkatkan kecakapan hidup dan kemandirian anak usia dini. Pengembangan Video kegiatan fun cooking Untuk meningkatkan kecakapan hidup dan kemandirian Anak Di Taman Kanak­ Kanak Negeri Pembina Kabupaten Rokan Hulu melakukan Uji praktikalitas media video kegiatan fun cooking oleh guru dengan hasil 83 % sehingga dinyatakan praktis dan melakukan uji efektifitas dengan hasil pada kelas B 1 diperoleh nilai 92, 10% dengan kategori sangat efektif, dan pada kelas B2 diperoleh nilai 91,36 % dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video kegiatan fun cooking dapat sebagai panduan bagi pendidik dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kecakapan hidup dan kemandirian pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhafizah, NurhafizahUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorMahyudin, NennyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 May 2024 07:18
Last Modified: 16 May 2024 07:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51949

Actions (login required)

View Item View Item