Suhartiwi, Suhartiwi
(2023)
Pengembangan Modul Internalisasi Nilai-nilai Ta 'lim Muta 'allim Untuk Meningkatkan Self Confidence Siswa Melalui Bimbingan Kelompok.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Siswa pada rentangan remaja memiliki kecenderungan memiliki masalah terkait dengan kepercayaan diri dalam bersikap maupun mengambil keputusan. Pengembangan self confidence merupakan bagian dalam bidang bimbingan pribadi. Self confidence didefenisikan sebagai kekuatan pada diri individu yang menjadi acuan dalam pengendalian diri individu yang sedang berkembang. Individu dengan self confidence yang rendah cenderung labil dalam mengambil keputusan, sebalik individu dengan self confidence yang tinggi dapat mengoptimalkan perkembanganya dengan secara maksimal. Intemalisasi nilai- nilai ta'lim muta'allim dapat dijadikan bekal yang sangat baik bagi kepercayaan diri siswa serta sebagai nilai-nilai dasar dalam memberikan layanan bimbingan konseling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pengembangan modul intemalisasi nilai-nilai ta'lim muta'allim untuk meningkatkan self confidence siswa melalui bimbingan kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D). Selanjutnya desain penelitian yang digunakan adalah merujuk pada ADDIE model. Model ADDIE dilakukan melalui 5 tahap yaitu: Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate (ADDIE). Subjek pada penelitian ini berjumlah 240 orang siswa MA Mualllimat NW Pancor salah satu sekolah yang bemaung di YPPHNWDI Pancor. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dua cara, yang pertama adalah dengan instrumen intemalisasi ta 'lim muta 'allim untuk meningkatkan self confidence siswa dan teknik yang kedua adalah melalui wawancara. Data pada penelitian ini dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Selanjutnya untuk melihat keterpakaian modul yang dibuat, dilakukan analisis uji praktikalitas dan uji efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul bimbingan kelompok intemalisasi nilai-nilai ta 'lim muta 'allim untuk meningkatkan self confidence siswa, merupakan modul yang digunakan melalui bimbingan kelompok yang inovatif, praktis dan efektif digunakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling di sekolah.
Actions (login required)
|
View Item |