Pengembangan Modul Internalisasi Nilai-nilai Ta 'lim Muta 'allim Untuk Meningkatkan Self Confidence Siswa Melalui Bimbingan Kelompok

Suhartiwi, Suhartiwi (2023) Pengembangan Modul Internalisasi Nilai-nilai Ta 'lim Muta 'allim Untuk Meningkatkan Self Confidence Siswa Melalui Bimbingan Kelompok. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SUHARTIWI_18325010_1381_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Siswa pada rentangan remaja memiliki kecenderungan memiliki masalah terkait dengan kepercayaan diri dalam bersikap maupun mengambil keputusan. Pengembangan self confidence merupakan bagian dalam bidang bimbingan pribadi. Self confidence didefenisikan sebagai kekuatan pada diri individu yang menjadi acuan dalam pengendalian diri individu yang sedang berkembang. Individu dengan self confidence yang rendah cenderung labil dalam mengambil keputusan, sebalik individu dengan self confidence yang tinggi dapat mengoptimalkan perkembanganya dengan secara maksimal. Intemalisasi nilai- nilai ta'lim muta'allim dapat dijadikan bekal yang sangat baik bagi kepercayaan diri siswa serta sebagai nilai-nilai dasar dalam memberikan layanan bimbingan konseling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pengembangan modul intemalisasi nilai-nilai ta'lim muta'allim untuk meningkatkan self confidence siswa melalui bimbingan kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D). Selanjutnya desain penelitian yang digunakan adalah merujuk pada ADDIE model. Model ADDIE dilakukan melalui 5 tahap yaitu: Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate (ADDIE). Subjek pada penelitian ini berjumlah 240 orang siswa MA Mualllimat NW Pancor salah satu sekolah yang bemaung di YPPHNWDI Pancor. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dua cara, yang pertama adalah dengan instrumen intemalisasi ta 'lim muta 'allim untuk meningkatkan self confidence siswa dan teknik yang kedua adalah melalui wawancara. Data pada penelitian ini dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Selanjutnya untuk melihat keterpakaian modul yang dibuat, dilakukan analisis uji praktikalitas dan uji efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul bimbingan kelompok intemalisasi nilai-nilai ta 'lim muta 'allim untuk meningkatkan self confidence siswa, merupakan modul yang digunakan melalui bimbingan kelompok yang inovatif, praktis dan efektif digunakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorAsnah, Megaiswari BiranUNSPECIFIED
CorrectorTaufik, TaufikUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 May 2024 07:00
Last Modified: 16 May 2024 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51948

Actions (login required)

View Item View Item