Putra, Thomas Yundra
(2024)
Evaluasi Layanan Referensi Perpustakaan Universitas Bung Hatta.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan evaluasi layanan
referensi yang kemudian dilihat dari teori CIPP Evaluation Model. Jenis penelitian
ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Variabel pada penelitian ini ayanan
referensi perpustakaan dengan sub variabel yaitu evaluasi layanan perpustakaan
dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Populasi pada penelitian ini, yaitu
pengunjung layanan referensi di Perpustakaan Universitas Bung Hatta dari bulan
Januari 2023 hingga bulan November 2023 dengan pengambilan sampel
menggunakan rumus non probability silling dengan teknik pengambilan accidental
sampling. Jumlah sampel, yaitu sebesar 61 pemustaka. Instrumen utama yang
digunakan yaitu kuesioner penelitian yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Data dianalisis melalui tahapan
pemeriksaan, tabulasi, dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian adalah Pertama, pada evaluasi konteks yaitu fungsi layanan
referensi terdapat 3 pernyataan yang memiliki skor rata-rata sebesar 3.11. Skor ini
berada pada skala 2,50-3,24 yang berarti baik. Kedua, pada evaluasi masukan
terdapat 3 sub indikator, (1) pustakawan yang terdiri dari 4 pernyataan dan memiliki
skor rata-rata sebesar 3,24. Skor ini berada pada skala 2,50-3,24 yang berarti baik;
(2) koleksi yang terdiri dari 5 pernyataan dan memiliki skor rata-rata sebesar 3,24.
Skor ini berada pada skala 2,50-3,24 yang berarti baik; (3) katalog yang terdiri dari
3 pernyataan dan memiliki skor rata-rata sebesar 3,09. Skor ini berada pada skala
2,50-3,24 yang berarti baik. Ketiga, pada evaluasi proses terdapat 2 sub indikator,
(1) layanan referensi perpustakaan yang terdiri dari 5 pernyataan dan memiliki skor
rata-rata sebesar 3.25. Skor ini berada pada skala interval 3,25-4,00 yang berarti
sangat baik; (2) layanan penelusuran informasi yang terdiri dari 3 pernyataan dan
memiliki skor rata-rata sebesar 3,16. Skor ini berada pada skala 2,50-3,24 yang
berarti baik. Keempat, pada evaluasi produk terdapat 2 sub indikator, (1) data
pengunjung yang terdiri dari 3 pernyataan dan memiliki skor rata-rata sebesar 3,20.
Skor ini berada pada skala 2,50-3,24 yang berarti baik; (2) tingkat kepuasan
pemustaka yang terdiri dari 3 pernyataan dan memiliki skor rata-rata sebesar 3,20.
Skor ini berada pada skala 2,50-3,24 yang berarti baik.
Actions (login required)
|
View Item |