Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri 03 Alai Timur

Humaira, Pinta Anugerah (2024) Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri 03 Alai Timur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_PINTA_ANUGERAH_HUMAIRA_20026077_711_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penulisan makalah ini membahas tentang implementasi program baca tulis serta perombakan pojok literasi dan hiasan atap kelas. Program literasi yang ada disekolah tersebut masih belum terlaksana hingga saat ini. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan program literasi di SDN 03 Alai Timur Kota Padang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan mendatangi langsung lokasi, mengamati, dokumentasi dan wawancara dengan siswa, guru, orang tua dan wakil kesiswaan di SDN 03 Alai Mengenai penerapan program literasi baca tulis di sekolah dan bagaimana hasil dari perombakan pojok literasi dan hiatas atap kelas yang sudah penulis selesaikan. Dalam penulisan makalah tugas akhir ini menunjukan implementasi Gerakan literasi dalam menumbuhkan minat baca siswa dengan Gerakan literasi meliputi kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran, membuat pojok baca dan membuat lingkungan yang kaya akan teks, dan juga melaksanakan berbagai perlombaan yang mendukung kegiatan literasi. Berdasarkan dari pembahasan makalah, dapat disimpulkan Pertama, berbagai upaya dilakukan pihak sekolah dalam pelaksanaan program literasi yang diwujudkan dalam berbagai program penunjang literasi seperti program membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, Pojok literasi, dan kunjungan ke perpustakaan. Kedua, kegiatan literasi di SDN 03 Alai belum dapat dikatakan sebagai kebiasaan yang membudaya, Akan tetapi sudah termasuk dalam upaya yang menumbuhkan budaya literasi. Meskipun sudah terdapat upaya lain berupa pengembangan dan pembelajaran literasi dalam setiap mata pelajaran sebagai tahap lanjutan dari pelaksanaan program literasi baca tulis yang dilakukan oleh guru, belum lah dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. Dengan adanya buku cerita, siswa dapat menambah wawasan dan minat membaca karena buku cerita tidak hanya menyuguhkan isi berupa tulisan naratif tetapi juga ilustrasi gambar yang menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNabila, JeihanUNSPECIFIED
CorrectorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 May 2024 03:42
Last Modified: 16 May 2024 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51937

Actions (login required)

View Item View Item