Penggunaan Media Audio Visual Sebagai Pendukung Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran Seni Teater pada Kelas IX di SMPN 3 Lubuk Sikaping

Hafiza, Rana (2024) Penggunaan Media Audio Visual Sebagai Pendukung Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran Seni Teater pada Kelas IX di SMPN 3 Lubuk Sikaping. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RANA_HAFIZA_19023032_395_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Bentuk . Penggunaan Media Audio Visual Sebagai Pendukung Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran Seni Teater pada Kelas IX di SMPN 3 Lubuk Sikaping. Dengan menggunakan teori menurut windiyanti dan novita (2018: 65). Yang “Penggunaan media pembelajaran yang tepat juga merupakan salah satu faktor pendukung dalam mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal dan efektif. Penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal menjadikan peserta didik bosan dan tidak tertarik dalam pembelajaran” Jadi dengan adanya media dalam pembelajaran akan sangat membantu guru dalam menciptakan suasana belajar didalam kelas akan lebih hidup, serta interaksi antara guru dan siswa tidak monoton dan membosankan. Jenis penelitin adalah kualitatif, dengan menggunakan metode analisis. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media audio visual pada siswa- siswi kelas IX di SMPN 3 Lubuk Sikaping, dengan jenis data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sehinggga data yang sudah dikumpulkan di analisis untuk diverivikasi agar mendapatkan kebenarannya. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa pembelajaran seni budaya khususnya materi drama (drama musikal) pada Kelas IX di SMPN 3 Lubuk Sikaping ini di sajikan dengan menggunakan media audio visual sebagai pendukung metode bermain peran yang diterapkan kepada siswa, untuk mencapai kompetensi dalam pembelajaran, pembelajaran tampak berjalan dengan baik siswa lebih bersemangat serta kefokusan siswa lebih tertuju dengan adanya media disisilain metode bermain peran yang digunakan dalam pembelajaran ini juga sangat menarik minat siswa akan pembelajaran drama (teater) karna dalam metode pembelajaran ini anak akan lebih aktif secara langsung untuk mencoba hal baru yang akan mengasah potensi dirinya, sehingga terciptanya susana pembelajaran yang menyenangkan tetapi tetap memperhatikan pencapaian kompetensi dasar. Kesimpulan dari penelitian ini, Penggunaan media audio visual sebagai pendukung metode bermain peran dalam pembelajaran seni teater pada kela IX di SMPN 3 lubuk sikaping, sangatlah berpengaruh dalam meningkatkan minat serta mengasah potensi yang ada pada diri siswa dengan memberikan sebuah rangsangan berupa gambar bergerak dan suara yang bertujuan untuk mempengaruhi sikap dan emosi siswa, sehingga pembelajaran lebih dapat ditangkap diingat serta diterapkan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarzam, MarzamUNSPECIFIED
CorrectorWimbrayardi, WimbrayardiUNSPECIFIED
CorrectorHadi, HarisnalUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 May 2024 03:31
Last Modified: 16 May 2024 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51935

Actions (login required)

View Item View Item