Pengembangan Multimedia interaktif Berbasis Aplikasi Adobe Flash CS6 Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD di Kabupaten Agam.

Budi, Sentot Setia (2023) Pengembangan Multimedia interaktif Berbasis Aplikasi Adobe Flash CS6 Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD di Kabupaten Agam. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SENTOT_SETIA_BUDI_20124058_7470_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan proses pembelajaran yang masih dilakukan secara konvensional, yakni pembelajaran dilakukan cenderung dengan cara ceramah dan berpusat pada guru. Media pembelajaran yang digunakan kurang menarik, yaitu hanya gambar yang terdapat pada buku tema. Selain itu, media pembelajaran juga tidak sesuai dengan karakteristik siswa yang memiliki kecenderungan menyukai pembelajaran menggunakan teknologi digital. Kondisi tersebut membuat siswa kurang motivasi belajar. Hal itu terlihat dari perilaku siswa di kelas yang tidak menunjukkan semangat untuk belajar. terdapat siswa yang justru mengganggu teman, mengobrol dengan teman sebangku, sibuk dengan kegiatannya sendiri yakni mencoret-coret buku, serta ditemui juga siswa yang sering izin keluar ke kamar mandi. Hasil belajar siswa juga rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif berbasis adobe flash cs6 yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penilitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yang memiliki empat tahap, yaitu Define, Designe, Develop, dan Deseminate. Pada tahap Define dilakukan analisis awal, analisis peserta didik, analisis, konsep, analisis tugas, dan analisis tujuan. Pada tahap Design dilakukan pembuatan flowchart dan storyboard sebagai rancangan multimedia interaktif yang dikembangkan. Pada tahap Develop produk yang dikembangkan sesuai dengan langkah sebelumnya akan dilakukan validasi dengan para pakar, Pada aspek materi memperoleh 92% dengan kategori sangat valid, aspek media memperoleh 76% dengan kategori valid, dan aspek bahasa memperoleh 94% dengan kategori sangat valid. Media yang sudah dinyatakan valid oleh ahli materi, bahasa dan media, dilakukan penyebaran. Penyebaran dilakukan pada skala terbatas dan skala luas. Skala terbatas dilakukan di SD 22 Koto Tangah, sedangkan skala luas dilaksanakan di SD19 Gadut, SD 25 Gadut, dan SD 18 Koto Tangah. Penyebaran dilakukan untuk melihat praktikalitas dan efektivitas produk. Pada uji coba skala terbatas dan skala luas, meperoleh kategori praktikalitas sangat praktis dari respon guru dan siswa. Uji efektivitas pada aspek motivasi dan hasil belajar siswa pada skala terbatas dan skala luas, terdapat peningkatan pada aspek motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka multimedia interaktif yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, efektif serta sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMiaz, YalvemaUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 May 2024 03:31
Last Modified: 16 May 2024 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51934

Actions (login required)

View Item View Item