Hamdi, Musbirul
(2024)
Nomophobia di Kalangan Siswa (Studi
Fenomenologi Penggunaan Smartphone di Kalangan Siswa di SMA Negeri 1
Lembah Gumanti)”.
Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya penggunaan
smartphone siswa SMA N 1 Lembah Gumanti yang tergolong menderita nomophobia. Teori
yang digunakan dalam analisis penelitian ini adalah teori fenomenologi (Alfred Schutz) dan
teori persamaan media (Byron Reeves dan Clifford Nass). Penelitian ini menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dan purposive sampling
sebagai teknik pengumpulan informan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data didasarkan pada
pemikiran Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan penggunaan
smartphone siswa adalah sebagai sarana komunikasi, gaya hidup, kebutuhan, dan media
hiburan. Pentingnya penggunaan smartphone bagi siswa lebih dari 90% dan waktu
penggunaan smartphone adalah 8-12 jam sehari. Alasan siswa kecanduan smartphone terletak
pada fungsi dari smartphone itu sendiri, bagi siswa smartphone merupakan alat elektronik
yang diciptakan untuk mempermudah segala sesuatunya, baik itu komunikasi, informasi,
pemesanan makanan atau barang, belajar atau bahkan dunia. Hiburan untuk membunuh
kebosanan dan mencari teman baru.
Actions (login required)
|
View Item |