Nomophobia di Kalangan Siswa (Studi Fenomenologi Penggunaan Smartphone di Kalangan Siswa di SMA Negeri 1 Lembah Gumanti)”

Hamdi, Musbirul (2024) Nomophobia di Kalangan Siswa (Studi Fenomenologi Penggunaan Smartphone di Kalangan Siswa di SMA Negeri 1 Lembah Gumanti)”. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_04_MUSBIRUL_HAMDI_18058123_449_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya penggunaan smartphone siswa SMA N 1 Lembah Gumanti yang tergolong menderita nomophobia. Teori yang digunakan dalam analisis penelitian ini adalah teori fenomenologi (Alfred Schutz) dan teori persamaan media (Byron Reeves dan Clifford Nass). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dan purposive sampling sebagai teknik pengumpulan informan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data didasarkan pada pemikiran Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan penggunaan smartphone siswa adalah sebagai sarana komunikasi, gaya hidup, kebutuhan, dan media hiburan. Pentingnya penggunaan smartphone bagi siswa lebih dari 90% dan waktu penggunaan smartphone adalah 8-12 jam sehari. Alasan siswa kecanduan smartphone terletak pada fungsi dari smartphone itu sendiri, bagi siswa smartphone merupakan alat elektronik yang diciptakan untuk mempermudah segala sesuatunya, baik itu komunikasi, informasi, pemesanan makanan atau barang, belajar atau bahkan dunia. Hiburan untuk membunuh kebosanan dan mencari teman baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGautama, Mohammad IsaUNSPECIFIED
CorrectorHasmira, Mira HastiUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Eka VidyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Siswa, Smartphone, Nomophobia
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 May 2024 03:31
Last Modified: 16 May 2024 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51932

Actions (login required)

View Item View Item