Strategi Bertahan Hidup Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Pada Perempuan Pemulung Batubara Di Daerah Pertambangan Perambahan Kota Sawahlunto Sumatera Barat)

Khairunniza, Mirza (2024) Strategi Bertahan Hidup Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Pada Perempuan Pemulung Batubara Di Daerah Pertambangan Perambahan Kota Sawahlunto Sumatera Barat). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_04_MIRZA_KHAIRUNNIZA_18058220_1348_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kendala dalam pemenuhan ekonomi yang dihadapi oleh perempuan pemulung batubara. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bentuk-bentuk strategi bertahan hidup perempuan pemulung batubabara dalam mengatasi pendapatan keluarga di daerah pertambangan Perambahan Kota Sawahlunto Sumatera Barat. Teori yang digunakan yaitu aktor tindakan Max Weber. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tersebut, kesimpulan penelitian ini menunjukkan (1) latar belakang perempuan bekerja sebagai pemulung batubara (2) persoalanpersoalan yang dihadapi perempuan pemulung batubara dalam pemenuhan ekonomi keluarga bermuara pada sedikitnya gaji yang diperoleh sedangkan kebutuhan ekonomi keluarga yang semakin banyak (3) strategi bertahan hidup yang dilakukan oleh buruh perempuan pemulung batubara dalam pemenuhan ekonomi keluarga dengan meminjam uang kepada toke, tetangga serta sanak keluarga. menyisihkan sebagian uang untuk ditabung. makan seadanya apabila uang habis untuk kebutuhan yang banyak,mengikuti arisan, musyawarah dengan suami apabila ada kebutuhan yang sulit untuk terpenuhi seperti pembayaran uang kuliah anak yang mendadak, bekerja sampingan seperti berjualan di area pertambangan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayat, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorFebrianto, AdriUNSPECIFIED
CorrectorMardhiah, DesyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Ekonomi Keluarga, Perempuan Pemulung Batubara
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 May 2024 03:06
Last Modified: 16 May 2024 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51927

Actions (login required)

View Item View Item