Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di Kelas XI Fase F SMA Negeri 7 Padang

Hamida, Zalika (2024) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di Kelas XI Fase F SMA Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ZALIKA_HAMIDA_1902906_542_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika yang wajib ada khususnya untuk peserta didik SMA pada sekolah penggerak adalah membekali peserta didik agar dapat memecahkan masalah, karena dalam sekolah penggerak peserta didik dituntut untuk mampu menyelesaikan masalah kontekstual atau berhubungan dengan kehidupan nyata. Namun berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMA Negeri 7 Padang ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan karena selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung yang berpusat kepada pendidik. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkannya model Problem Based Learning (PBL) dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung pada kelas XI Fase F SMA Negeri 7 Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Fase F SMA Negeri 7 Padang tahun pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dimana kelas XI F2 digunakan sebagai kelas eksperimen dan XI F1 digunakan sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa soal uraian yang dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis, diperoleh dimana , yang artinya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung di kelas XI Fase F SMA Negeri 7 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: : PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS, PROBLEM BASED LEARNING, PEMBELAJARAN LANGSUNG
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 May 2024 03:30
Last Modified: 16 May 2024 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51926

Actions (login required)

View Item View Item