Pengembangan Media Pembelajaran Terintegrasi Augmented Reality pada Materi Sel Elektrolisis Fase F SMA/MA

Putri, Zulkha Dwi Fadilla (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Terintegrasi Augmented Reality pada Materi Sel Elektrolisis Fase F SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_ZULKHA_DWI_FADILLA_PUTRI_19035126_2448_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sel elektrolisis merupakan salah satu materi kimia yang mengandung konsep abstrak dan kompleks sehingga sering menimbulkan miskonsepsi. Proses pergerakan partikel dan perubahan energi listrik menjadi energi kimia yang terjadi dalam proses sel elektrolisis dianggap abstrak karena tidak dapat dilihat secara kasat mata. Untuk memahami konsep dibutuhkan pemahaman dengan manginterkoneksi ketiga level representasi kimia yang disampaikan melalui media pembelajaran sehingga konsep abstrak dapat tervisualisasikan. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang dilengkapi teknologi untuk menvisualisasikan konsep abstrak secara menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran terintegrasi Augmented Reality pada materi sel elektrolisis Fase F SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan jenis EDR (Educational Design Research) dengan pendekatan model Plomp. Tahapan penelitian ini dilakukan terbatas hanya sampai tahap prototyping phase. Uji validitas dilakukan oleh 3 orang dosen kimia FMIPA, UNP dan masing-masing 1 orang guru kimia dari SMAN 1 Payakumbuh, SMAN 1 Lareh Sago Halaban, dan SMA Pembangunan Lab. UNP menggunakan angket validitas. One to one evaluation dilakukan oleh 3 orang peserta didik dengan kemampuan berbeda. Dan uji praktikalitas dilakukan terhadap 3 orang guru dan 9 orang peserta didik. Kemudian data validitas dan praktikalitas dianalisis menggunakan formula Aiken’s V. Hasil analisis data validitas konten; konstruk; technical quality diperoleh nilai secara berturut-turut 0,85; 0,86; 0,87 dengan kategori valid. Hasil One to one Evaluation diperoleh media pembelajaran dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Praktikalitas terhadap peserta didik dan guru memperoleh nilai secara berturut-turut 0,90 dan 0,91 dengan kategori praktis. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorSuryani, OktaUNSPECIFIED
CorrectorSuryelita, SuryelitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SEL ELEKTROLISIS, MEDIA PEMBELAJARAN, AUGMENTED REALITY
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 May 2024 02:58
Last Modified: 16 May 2024 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51921

Actions (login required)

View Item View Item