Dewany, Rahayu
(2023)
Hubungan Self Control dan Gaya Pengasuhan Orangtua dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMK.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kegiatan belajar di sekolah tidak terlepas dari keharusan dalam mengerjakan tugas-tugas akademik. Dalam penyelesaian tugas akademik siswa terkadang mengalami permasalahan, diantaranya adalah prokrastinasi akademik. Self control dan gaya pengasuhan orangtua merupakan faktor yang turut mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh: 1) gambaran perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMKN 3
Padang, 2) gambaran self control siswa SMKN 3 Padang, 3) gambaran gaya pengasuhan orangtua siswa SMKN 3 Padang, 4) hubungan self control dengan prokrastinasi akademik siswa SMKN 3 Padang, 5) hubungan gaya pengasuhan orangtua dengan prokrastinasi akademik siswa SMKN 3 Padang, 6) hubungan self control dan gaya pengasuhan orangtua terhadap prokrastinasi akademik siswa SMKN 3 Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMKN 3 Padang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 804 siswa, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling sehingga didapatkan sampel penelitian berjumlah 267 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan angket self control, gaya pengasuhan orangtua dan prokrastinasi akademik dengan model Skala Likert. Data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif korelasional.
Temuan penelitian ini adalah: (1) self control siswa SMK Negeri 3 Padang
berada pada kategori tinggi dengan persentase total sebesar 58%, (2) gaya pengasuhan orang tua dimensi kontrol pada siswa SMKN 3 Padang berada pada kategori tinggi dengan jumlah persentase sebesar 56% dan (3) prokrastinasi akademik siswa SMKN 3 Padang berada pada kategori sedang dengan jumlah persentase sebesar 47%, (4) terdapat hubungan negatif dan signifikan antara self control dan prokrastinasi akademik dengan koefisien korelasi = -0,609 dengan signifikansi 0,000, dan (5) terdapat hubungan antara pengasuhan orang tua dimensi kontrol dan prokrastinasi akademik dengan koefisien korelasi = 0, 157 dengan signifikansi 0,005 dan (6) terdapat hubungan yang simultan antara self control dan pengasuhan orangtua dimensi kontrol dengan prokrastinasi akademik siswa melalui uji signifikansi koefisien korelasi nilai R = 0,628 dan R Square =
0,394 dengan signifikansi 0,000. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat dijadikan
masukan dalam pembuatan program layanan bimbingan dan konseling di SMKN
3 Padang.
Actions (login required)
![View Item View Item](/style/images/action_view.png) |
View Item |