Rifa, Novela
(2023)
Pengembangan Game E-Flashcard untuk Pengenalan Kata pada Membaca Awai Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Nurul Iman Tembilahan.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal kata. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya media yang digunakan guru. Anak mengalami kesulitan memasangkan/menghubungkan kata dengan gambar yang sesuai, belum mampu menyebutkan kata sesuai dengan tulisan dan menyebutkan simbol dalam kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas game e-jlashcard untuk pengenalan kata pada membaca awal pada anak usia dini di Taman Kanak- kanak Nurul Iman Tembilahan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and
Development yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall, Gall
(2015) dengan 9 langkah penelitian Sampel penelitian adalah kelas Bl dan B2
Taman Kanak-kanak Nurul Iman Tembilahan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, Teknik analisis data statistik deskriptif uji N-Gain dan Uji Paired Sampel t-test. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi spss 22.0 for windows.
Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil uji validitas media nilai persentase
95,2%, validitas materi 96%, validitas instrumen 96% dengan kriteria kelayakan sangat valid. Hasil uji praktikalitas respon guru dengan rata-rata 93,2% dengan kriteria kelayakan sangat praktis. Hasil uji efektivitas pengembangan game e- flashcard efektif untuk pengenalan kata pada membaca awal anak usia dini. Sehingga mengalami peningkatan rata-rata awal pre-test 46,94% dan Post-test
84,8%. Berdasarkan hasil uji N-Gain, diperoleh skor N-Gain kemampuan pengenalan kata anak pada uji kelas sedang yaitu 0,71 artinya pengembangan game e-jlashcard efektif untuk meningkatkan kemampuan pengenalan kata dengan kategori tinggi. Selanjutnya dilakukan uji paired sampel t-test. Berdasarkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan a = 0,05. Sehingga Ho ditolak, artinya ada perbedaan nilai rata-rata antara nilai pretest dan posttest pengenalan kata pada anak usia dini Hasil analisis data ini mengindikasikan bahwa hasil pengembangan game E-Flashcard efektif untuk meningkatkan pengenalan kata pada anak usia dini secara signifikan
Actions (login required)
|
View Item |