Pengembangan Game E-Flashcard untuk Pengenalan Kata pada Membaca Awai Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Nurul Iman Tembilahan

Rifa, Novela (2023) Pengembangan Game E-Flashcard untuk Pengenalan Kata pada Membaca Awai Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Nurul Iman Tembilahan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NOVELA_RIFA_21330004_5286_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal kata. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya media yang digunakan guru. Anak mengalami kesulitan memasangkan/menghubungkan kata dengan gambar yang sesuai, belum mampu menyebutkan kata sesuai dengan tulisan dan menyebutkan simbol dalam kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas game e-jlashcard untuk pengenalan kata pada membaca awal pada anak usia dini di Taman Kanak- kanak Nurul Iman Tembilahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall, Gall (2015) dengan 9 langkah penelitian Sampel penelitian adalah kelas Bl dan B2 Taman Kanak-kanak Nurul Iman Tembilahan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, Teknik analisis data statistik deskriptif uji N-Gain dan Uji Paired Sampel t-test. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi spss 22.0 for windows. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil uji validitas media nilai persentase 95,2%, validitas materi 96%, validitas instrumen 96% dengan kriteria kelayakan sangat valid. Hasil uji praktikalitas respon guru dengan rata-rata 93,2% dengan kriteria kelayakan sangat praktis. Hasil uji efektivitas pengembangan game e- flashcard efektif untuk pengenalan kata pada membaca awal anak usia dini. Sehingga mengalami peningkatan rata-rata awal pre-test 46,94% dan Post-test 84,8%. Berdasarkan hasil uji N-Gain, diperoleh skor N-Gain kemampuan pengenalan kata anak pada uji kelas sedang yaitu 0,71 artinya pengembangan game e-jlashcard efektif untuk meningkatkan kemampuan pengenalan kata dengan kategori tinggi. Selanjutnya dilakukan uji paired sampel t-test. Berdasarkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan a = 0,05. Sehingga Ho ditolak, artinya ada perbedaan nilai rata-rata antara nilai pretest dan posttest pengenalan kata pada anak usia dini Hasil analisis data ini mengindikasikan bahwa hasil pengembangan game E-Flashcard efektif untuk meningkatkan pengenalan kata pada anak usia dini secara signifikan

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorMayar, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorYaswinda, YaswindaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 May 2024 02:40
Last Modified: 16 May 2024 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51917

Actions (login required)

View Item View Item