Khairiah, Nudia
(2024)
Pengaruh Perceived Value Terhadap Kepuasan
Tamu di Grand Buana Lestari Hotel.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yaitu masih
terdapat ketidaksesuaian harapan tamu terhadap fasilitas yang disediakan,
kurangnya minat tamu untuk berkunjung kembali, kurangnya kesediaan tamu
untuk merekomendasikan hotel, masih terciptanya suasana breakfast yang kurang
nyaman, masih kurangnya efisiensi waktu roomboy dalam memenuhi permintaan
tamu. Tujuan penelitian ini Menganalisis pengaruh perceived value terhadap
kepuasan tamu. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah
deskriptif dengan data kuantitatif.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan
sekunder. Populasi penelitian ini adalah tamu yang menginap di Grand Buana
Lestari Hotel. Sampel penelitian berjumlah 122 orang konsumen dengan teknik
pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Teknik
pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dengan skala likert
yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Data dari penelitian ini diolah dengan
menggunakan SPSS 25.00.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived value berada pada kategori
cukup yaitu 47,54%. Selanjutnya pada variabel kepuasan tamu berada pada
kategori cukup yaitu 45,08%. Pengaruh perceveid value (X) berpengaruh terhadap
kepuasan tamu (Y), dengan skor 11,4% serta 88,6% dipengaruhi oleh faktor lain.
Selanjutnya hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai F hitung 1.696
dengan sig. 0,005 < 0,05, artinya variabel perceveid value terhadap kepuasan tamu
berpengaruh secara signifikan, serta diperoleh nilai t hitung 1.302 dengan sig.
0,005 < 0,05.
Actions (login required)
|
View Item |