Pengaruh Kegiatan Menggambar Ekspresi Bebas dan Model Team Games Tournament (TGT) Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di Kabupaten Aceh Selatan

Marisa, Sardi (2023) Pengaruh Kegiatan Menggambar Ekspresi Bebas dan Model Team Games Tournament (TGT) Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di Kabupaten Aceh Selatan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_MARISA_SARDI_21330003_7334_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 07 Aceh Selatan pada tanggal 06 sampai 24 Februari 2023 tampak belum berkembang secara optimal perkembangan kreativitasnya ditandai bahwa 10 dari 15 anak terlihat imajinasi anak masih kurang ditandai anak cenderung mencontoh gambar yang sudah ada, kurangnya ide dalam menciptakan gambar, kurang berimajinasi, tidak dapat mengungkapkan gagasan dalam gambamya. Serta dalam membentuk dan menyalurkan ide kreatifnya masih belum terlatih dengan baik dilihat dari hasil karya anak yang hampir sama hal ini juga diperkuatkan dengan hasil peneliti menyebarkan angket melalui google form pada guru di TK Kemala Bhayangkari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan menggambar ekspresi bebas dan model team games tournament (TGT) terhadap perkembangan kreativitas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berbentuk eksperimen factorial design 2 x 2. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling sampel pada penelitian ini eksperimen dan kontrol masing- masing berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi untuk model team games tournament (TGT) dan perkembangan kreativitas dan alat pengumpulan data digunakan lembar pemyataan. Kemudian data dioalah dengan uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian menunjukkan ( 1) Kegiatan menggambar ekspresi bebas berpengaruh terhadap perkembangan kreativitas anak usai dini dibuktikan dengan Uji-T dengan hasil 0,00 < 0,05. (2) Model team games tournament (TGT) berpengaruh terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini dibuktikan dengan Uji-T dengan hasil 0,00 < 0,05. (3) Terdapat interaksi antara kegiatan menggambar ekspresi bebas dan model team games tournament (TGT) terhadap Perkembangan Kreativitas dibuktikan dengan Uji-ANAVA dengan hasil 0,23 < 0,05. dapat disimpulkan bahwa kegiatan menggambar ekspresi bebas dengan menggunakan model team games tournament (TGT) berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMayar, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 May 2024 01:55
Last Modified: 16 May 2024 01:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51911

Actions (login required)

View Item View Item