Hubungan Pola Asuh Demokratis Orangtua dengan Motivasi Berprestasi Siswa.

Jumiati, Jumiati (2024) Hubungan Pola Asuh Demokratis Orangtua dengan Motivasi Berprestasi Siswa. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_5_JUMIATI_18006031_405_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dilapangan yang memperlihatkan terdapatnya siswa yang tidak peduli akan prestasi. Baik prestasi akademik maupun non akademik. Hal ini juga ditemukan di sekolah Man 4 Agam. Banyak faktor yang menyebabkan siswa tidak memiliki motivasi berprestasi, diantaranya adalah kurang memiliki tanggungjawab pribadi dalam mengerjakan suatu tugas atau kegiatan. Motivasi berprestasi adalah sesuatu hal yang penting yang harus ada dalam diri individu. Dengan motivasi berprestasi seseorang akan terdorong untuk mencapai target dan tujuannya. Pola asuh demokratis memiliki ciri-ciri orangtua memberikan kebebasan kepada anak untuk melakukan hal yang mereka inginkan dengan tetap memperhatikan batasan-batasan yang telah ditetapkan dalam keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pola asuh demokratis orangtua dengan motivasi berprestasi siswa di MAN 4 Agam. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 275 siswa MAN 4 Agam yang terdiri dari kelas X, XI,dan XII. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 111 orang siswa MAN 4 Agam dengan pola orangtua demokratis. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket model skala likert dengan penyebaran angket secara langsung. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment dari SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Pola asuh demokratis orangtua siswa MAN 4 Agam berada pada kategori tinggi (49,5%) meskipun masih ada beberapa yang rendah. 2) Motivasi berprestasi siswa MAN 4 Agam berada pada kategori tinggi (61,3%). Artinya motivasi berprestasi siswa sudah sangat bagus namun masih ada beberapa siswa yang membutuhkan bimbingan dan arahan untuk meningkatkan motivasi berprestasinya. 3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pola asuh demokratis orangtua dengan motivasi berprestasi siswa. Artinya semakin tinggi pola asuh demokratis orangtua maka motivasi berprestasi siswa juga akan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: POLA ASUH, MOTIVASI, PRESTASI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 May 2024 02:05
Last Modified: 16 May 2024 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51910

Actions (login required)

View Item View Item