Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Eksistensial Teknik Logoterapi untuk Meningkatkan Kebermaknaan Hidup Siswa Keluarga Pra Sejahtera

Syahri, Lia Mita (2023) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Eksistensial Teknik Logoterapi untuk Meningkatkan Kebermaknaan Hidup Siswa Keluarga Pra Sejahtera. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_LIA_MITA_SYAHRI_21151016_7335_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan di Indonesia mengalami peningkatan setiap periode tahunnya. Pemerintah berupaya dalam mengatasi kemiskinan yang terjadi, salah satunya di bidang pendidikan dengan memberikan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP). Namun, berbagai permasalahan yang dialami siswa keluarga pra sejahtera sebagai penerima PIP, cenderung mereka merasa tidak percaya diri, tidak dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki, tidak mampu menggapai cita-cita yang diimpikan karena ketergantungan dengan bantuan dari pemerintah, kondisi yang dirasakan oleh siswa keluarga pra sejahtera berkaitan dengan kebermaknaan hidup. Layanan bimbingan kelompok yang diterima oleh siswa keluarga pra sejahtera belum terlaksana secara optimal. 0 leh karena itu, penelitian ini bertu juan untuk ( 1) menganalisis perbedaan kebermaknaan hidup siswa keluarga pra sejahtera sebelum dibandingkan sesudah mengikuti bimbingan kelompok menggunakan pendekatan eksistensial teknik logoterapi, (2) menganalisis perbedaan sebelum dibandingan sesudah mengikuti bimbingan kelompok model BK 17+, (3) menganalisis perbedaan kebermaknaan hidup siswa keluarga pra sejahtera sesudah mengikuti bimbingan kelompok menggunakan pendekatan eksistensial teknik logoterapi dibandingkan yang mengikuti bimbingan kelompok model BK 17+. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini adalah quasi experiment design dengan rancangan pretest posttest control group design. Subjek penelitian ini sebanyak 93 siswa penerima PIP kelas X, XI dan XII SMKN 3 Padang yang dipilih dengan teknik simple random sampling untuk 10 siswa kelompok eksperimen dan 10 siswa kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket kebermaknaan hidup menggunakan model skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan kebermaknaan hidup siswa keluarga pra sejahtera sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok menggunakan pendekatan eksistensial teknik logoterapi, (2) terdapat perbedaan yang signifikan kebermaknaan hidup siswa keluarga pra sejahtera sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok model BK 17+, (3) terdapat perbedaan yang signifikan kebermaknaan hidup siswa keluarga pra sej ahtera yang mengikuti bimbingan kelompok menggunakan pendekatan eksistensial teknik logoterapi dan bimbingan kelompok model BK 17+. Oleh karena itu, layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan eksistensial teknik logoterapi efektif untuk meningkatkan kebermaknaan hidup siswa keluarga pra sejahtera.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 May 2024 01:37
Last Modified: 16 May 2024 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51904

Actions (login required)

View Item View Item