Wahyudi, Ilham
(2023)
Efektivitas Layanan Konseling Cognitive Behaviour Therapy dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif dalam Mereduksi Perilaku Self Injury pada Siswa.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pada saat sekarang ini, siswa cenderung berada pada masalah identitas diri yang mengarah pada perilaku self injury, mekanisme pertahan diri dalam strategi coping yang buruk atau negatif merupakan salah satu bentuk yang membawa remaja pada tindakan melukai diri sendiri (self injury), self injury merupakan tindakan salah suai yang membawa individu kepada pola perilaku menyakiti diri sendiri sebagai cara untuk mengekpresikan emosinya dan dipandang sebagai mekanisme coping yang tidak adaptif. Berdasarkan data penelitian diperoleh tingkat perilaku self injury pada siswa sebesar 78% dan 68% sebelum diberikan intervensi, siswa memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dalam menanggapi pengalaman yang negatif dan memiliki tingkat resiliensi yang rendah. Siswa yang berada pada perilaku self injury mengalami kesulitan dalam mengekspresikan emosi, memiliki emosi negatif dan memiliki pikiran untuk menghukum diri sendiri atau memiliki kemarahan pada diri sendiri. Dalam pola perilaku self injury dilakukan dengan berbagai cara yaitu dilakukan secara langsung, secara tidak langsung, secara beresiko dan dilakukan secara kognitif
Penelitian ini terdapat beberapa tahapan modifikasi pada siswa yaitu modifikasi automatic taught, intermediate belief dan core belief Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah restrukturisasi kognitif untuk mereduksi pikiran-pikiran negatif dengan menata atau menstruktur ulang kembali pikiran- pikiran negative yang irasional dengan memperkuat aspek kognitif yang lebih positif dan rasional terhadap individu yang berada dalam pembenaran yang salah dengan perilaku self injury sehingga hasrat dan keinginan untuk melakukan perilaku self injury dapat direduksi dengan pendekatan cognitive behavior therapy dengan teknik resturkturisasi kognitif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku self injury sebelum diberikan intervensi dan setelah diberikan intervensi, penelitian ini berbentuk eksperimen dengan metode single subjek research (SSR) dengan desain A-B dengan target behavior adalah menurunkan perilaku self injury pada siswa, perlakuan (intervensi) dalam penelitian ini yaitu dengan konseling cognitive behaviour therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif, subjek pada penelitian ini dipilih menggunakan teknik non-random sampling, dengan metode purposive sampling, subjek dalam penelitian ini adalah satu orang siswi SMAN 13 Padang dan satu orang siswa SMAN 15 Padang yang melakukan perilaku self injury. Temuan dalam penelitian ini adalah layanan konseling cognitive behaviour therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif efektiv dalam mereduksi perilaku self injury pada siswa.
Actions (login required)
|
View Item |