Adytia, Muhammd Farhan
(2023)
Pengaruh Brand Awareness
Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Kamar di Hotel Rangkayo Basa
Padang Panjang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan tingkat
occupancy tidak memenuhi target, konsumen mendapatkan kesan yang kurang
menarik sehingga menganggu kenyamanan, seperti pelayanan, ketersediaan
produk, dan kualitas produk, kelengkapan fasilitas hotel yang kurang memadai,
serta hotel Rangkayo Basa Padang Panjang belum menjadi pilihan utama bagi
tamu untuk tempat menginap. Tujuan penelitian ini untuk melakukan analisis
pengaruh Brand Awareness terhadap keputusan pembelian jasa kamar.
Jenis penelitian ini ialah deskriptif dengan data kuantitatif. Penelitian ini
memakai data yang berupa primer dan sekunder. Partisipan dalam penelitian ini
adalah tamu hotel Rangkayo Basa Padang Panjang. Sampel penelitian berjumlah
240 tamu, yang ditentukan memakai teknik purposive sampling. Kuesioner
berskala likert yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas dipakai sebagai
alat pengumpulan data. SPSS 26.00 dipakai untuk mengolah data penelitian.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa bran awareness msuk pada
kategori tidak baik dengan skor 2,50 dan keputusan pembelian masuk pada
kategori cukup baik dengan skor 3,02. Berdasarkan hasil uji regresi linear
sederhana diperoleh nilai F hitung 1987,083 dengan Sig 0,000 < 0.05 maka
regresi dapat dipakai. Artinya Brand awareness berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian. Berdasarkan nilai R square sebesar 0,988, artinya variabel
Brand awareness berpengaruh sebesar 98,8% terhadap Keputusan pembelian di
Hotel Rangkayo Basa Padang Panjang dan 1,2% dipengaruhi oleh variabel
lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Actions (login required)
|
View Item |