Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Scratch dalam Meningkatkan Computational Thinking Skill untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Handayani, Fitri (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Scratch dalam Meningkatkan Computational Thinking Skill untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_FITRI_HANDAYANI_21124009_5645_2023.PDF

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan belum tersedianya bahan ajar berupa e-modul di sekolah yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir komputasi atau kemampuan anak dalam memecahkan suatu permasalahan yang berkaitan dengan materi pelajaran dan masih ada beberapa guru yang belum memiliki keterampilan memanfaatkan teknologi dikegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e- modul berbasis problem based learning berbantuan aplikasi scratch yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan computational thinking skill siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar angket praktikalitas dan tes hasil belajar. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif untuk mendeksripsikan data validitas dan praktikalitas dan analisis kuantitatif untuk menentukan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan, diperoleh hasil validitas dari aspek berdasarkan RPP sebesar 94,44% (sangat valid), aspek materi diperoleh nilai sebesar 90,48% (sangat valid), aspek bahasa sebesar 92,86% (sangat valid), dan aspek desain/media sebesar 89,58% (sangat valid). Rata-rata Hasil praktikalitas respon peserta didik dari semua kelompok diperoleh nilai sebesar 90,42 % atau sangat praktis dan respon guru sebesar 93,52 % atau sangat praktis. Sedangkan uji efektifitas dari hasil pretest dan posttest diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 15.499 > 1.711 dan Sig (2-tailed) 0.000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan rata-rata kemampuan berfikir komputasi siswa dari hasil pretest dengan hasil posttest pada kelas eksperimen. Selanjutnya uji efektivitas berdasarkan N-gain Score pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 60,62 termasuk kategori cukup efektif. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai sebesar 48, 10. Berdasarkan nilai tersebut dapat dipahami bahwa terdapat perbedaan kemampuan berfikir komputasi pada kelas eksperimen dengan kontrol. Kesimpulan akhir dalam penelitian ini adalah pengembangan e-modul berbasis problem based learning berbantuan aplikasi scratch untuk meningkatakan computational thinking skill siswa kelas V Sekolah Dasar dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorZen, ZelhendriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 May 2024 00:42
Last Modified: 16 May 2024 00:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51891

Actions (login required)

View Item View Item