Agosta, Duana De
(2023)
Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas IV SD Berbasis Kontekstual.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar menggunakan pendekatan tematik dalam pembelajaran. Pembelajaran tematik ini berlaku dari kelas I sampai kelas VI. Pembelajaran tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dasar dari berbagai mata pelajaran ke dalam satu tema. Pembelajaran tematik menekankan pada proses belajar secara aktif oleh siswa dan keterlibatan siswa dalam proses pembelaj aran sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. Oleh sebab itu, perlu mengoptimalkan media pembelajaran untuk membantu siswa belajar selain penggunaan buku cetak pemerintah dan ceramah dari guru.
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1)
Bagaimana proses pengembangan bahan ajar tematik kelas IV SD berbasis kontekstual yang valid ?; (2) Bagaimana praktikalitas pengembangan bahan ajar tematik kelas IV SD berbasis kontekstual?; dan (3) Bagaimana efektivitas pengembangan bahan ajar tematik kelas IV SD berbasis kontekstual?.
Pengembangan bahan ajar tematik ini menggunakan ADDIE development
model yang terdiri dari lima langkah yaitu analysis, design, develop, implemetation and evaluation. Validitas diuji dari 3 aspek yaitu aspek media, materi dan bahasa. Praktikalitas diuji dari respon guru dan respon siswa.
Sedangkan efektivitas dilihat dari hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.
Hasil rata-rata validitas produk mendapat nilai 81,94% kategori sangat valid, rata-rata praktikalitas respon siswa 86,83% kategori sangat praktis. rata-rata praktikalitas respon guru 90,63% kategori sangat praktis. Sedangkan hasil uji efektivitas dari hasil belajar siswa didapat rata-rata 84,00% kategori sangat efektif dan nilai aktivitas siswa 92,86% kategori sangat efektif. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik kelas IV SD berbasis kontekstual dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |