Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas IV SD Berbasis Kontekstual

Agosta, Duana De (2023) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas IV SD Berbasis Kontekstual. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_DUANA_DE_AGOSTA_16155011_5166_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar menggunakan pendekatan tematik dalam pembelajaran. Pembelajaran tematik ini berlaku dari kelas I sampai kelas VI. Pembelajaran tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dasar dari berbagai mata pelajaran ke dalam satu tema. Pembelajaran tematik menekankan pada proses belajar secara aktif oleh siswa dan keterlibatan siswa dalam proses pembelaj aran sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. Oleh sebab itu, perlu mengoptimalkan media pembelajaran untuk membantu siswa belajar selain penggunaan buku cetak pemerintah dan ceramah dari guru. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Bagaimana proses pengembangan bahan ajar tematik kelas IV SD berbasis kontekstual yang valid ?; (2) Bagaimana praktikalitas pengembangan bahan ajar tematik kelas IV SD berbasis kontekstual?; dan (3) Bagaimana efektivitas pengembangan bahan ajar tematik kelas IV SD berbasis kontekstual?. Pengembangan bahan ajar tematik ini menggunakan ADDIE development model yang terdiri dari lima langkah yaitu analysis, design, develop, implemetation and evaluation. Validitas diuji dari 3 aspek yaitu aspek media, materi dan bahasa. Praktikalitas diuji dari respon guru dan respon siswa. Sedangkan efektivitas dilihat dari hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Hasil rata-rata validitas produk mendapat nilai 81,94% kategori sangat valid, rata-rata praktikalitas respon siswa 86,83% kategori sangat praktis. rata-rata praktikalitas respon guru 90,63% kategori sangat praktis. Sedangkan hasil uji efektivitas dari hasil belajar siswa didapat rata-rata 84,00% kategori sangat efektif dan nilai aktivitas siswa 92,86% kategori sangat efektif. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik kelas IV SD berbasis kontekstual dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKusumaningrum, IndratiUNSPECIFIED
CorrectorHakim, RamalisUNSPECIFIED
CorrectorRidwan, RidwanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 May 2024 08:29
Last Modified: 15 May 2024 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51888

Actions (login required)

View Item View Item