Triyanti, Dinda Emilia
(2023)
Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru SMK Negeri Di Kabupaten Bungo.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Berdasarkan pra survei di lapangan tergambar bahwa kompetensi profesional guru SMK Negeri di Kabupaten Bungo masih belum optimal. Hal ini diduga ada kaitannya dengan kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi yang dimiliki oleh guru. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi profesional guru SMK Negeri di Kabupaten Bungo. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: ( 1) kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru, (2) motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru, (3) kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK Negeri di Kabupaten Bungo yang berjumlah 386 orang. Sampel penelitian berjumlah 98 orang yang diambil dengan teknik Proportional stratified random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi berganda dan regresi linear berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: ( 1) kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru sebesar 4,8%, (2) motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru sebesar 27,9%, (3) kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru sebesar 30, 1 %. Tingkat capaian skor kompetensi profesional guru 82,8% berada pada kategori mampu, dan untuk kepemimpinan kepala sekolah 78,7% berada pada kategori cukup mampu sedangkan untuk motivasi berprestasi guru 79,8% dari skor ideal berada pada kategori sedang.
Temuan di atas mengimplikasikan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi adalah dua faktor yang dapat meningkatkan kompetensi profesional guru, disamping melalui faktor-faktor lain.
Actions (login required)
|
View Item |