Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru SMK Negeri Di Kabupaten Bungo

Triyanti, Dinda Emilia (2023) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru SMK Negeri Di Kabupaten Bungo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_DINDA_EMILIA_TRIYANTI_21147032_2371_2023.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra survei di lapangan tergambar bahwa kompetensi profesional guru SMK Negeri di Kabupaten Bungo masih belum optimal. Hal ini diduga ada kaitannya dengan kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi yang dimiliki oleh guru. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi profesional guru SMK Negeri di Kabupaten Bungo. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: ( 1) kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru, (2) motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru, (3) kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK Negeri di Kabupaten Bungo yang berjumlah 386 orang. Sampel penelitian berjumlah 98 orang yang diambil dengan teknik Proportional stratified random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi berganda dan regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: ( 1) kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru sebesar 4,8%, (2) motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru sebesar 27,9%, (3) kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru sebesar 30, 1 %. Tingkat capaian skor kompetensi profesional guru 82,8% berada pada kategori mampu, dan untuk kepemimpinan kepala sekolah 78,7% berada pada kategori cukup mampu sedangkan untuk motivasi berprestasi guru 79,8% dari skor ideal berada pada kategori sedang. Temuan di atas mengimplikasikan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi adalah dua faktor yang dapat meningkatkan kompetensi profesional guru, disamping melalui faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGistituati, NurhizrahUNSPECIFIED
CorrectorRifma, RifmaUNSPECIFIED
CorrectorYahya, YahyaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 May 2024 08:29
Last Modified: 15 May 2024 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51887

Actions (login required)

View Item View Item