Analisis Jawaban Ujian Harian Materi Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam pada Kurikulum 2013 di SMA Pertiwi 1 Padang

Syukriyah, Syukriyah (2024) Analisis Jawaban Ujian Harian Materi Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam pada Kurikulum 2013 di SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_01_SYUKRIYAH_20045077_928_2024.pdf

Download (900kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas soal dari keterampilan guru dalam menilai soal essay yang mengandung unsur analisis dan untuk mengetahui jawaban siswa terhadap soal essay yang mengandung analisis pada materi sebaran dan pengelolaan SDA pembelajaran geografi pada kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode riset campur (mixed method). Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas 11 SMA Pertiwi 1 Padang. Teknik penarikan populasi dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Jumlah populasi sebanyak 101 orang, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian guru masih kurang memahami cara menilai soal essay yang mengandung unsur analisis pada materi sebaran dan pengelolaan SDA sehingga kurang berkualitas dan sebagian besar siswa masih kurang memahami terhadap jawaban soal essay yang mengandung analisis yaitu dengan kategori rata-rata persentase peserta didik di kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3 dan XI IPS 4 kategori tidak paham 36,6 %, kategori kurang paham 40,59 % , kategori Cukup paham 13,8 %, kategori paham 8,9 %, dan kategori sangat paham 0 %. Jumlah siswa yang mampu menjawab soal 1 adalah 1 orang (IK=0.001) sehingga tergolong soal sukar , sedangkan soal 2 tidak ada siswa yang mampu menjawab soal tersebut (UK=0.00) sehingga tergolong soal sangat sukar, soal 3 yaitu 27 orang (IK = 0.43) sehingga tergolong soal sedang, lalu soal 4 yaitu 38 orang (IK = 0.58) sehingga soal tergolong sedang, dan yang bisa menjawab soal 5 adalah 52 orang (IK = 0.65) sehingga soal tergolong sedang. Soal yang kurang berkualitas didasari dengan adanya kurang kompleksnya kandungan konsep-konsep geografi yang dapat dihubungkan dalam pembuatan soal serta menjawab soal essay yang mengandung unsur analisis pada materi sebaran dan pengelolaan SDA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhyuni, AhyuniUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorSurtani, SurtaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: analisis, sumber daya alam, kurikulum 2013, essay
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 May 2024 08:14
Last Modified: 15 May 2024 08:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51884

Actions (login required)

View Item View Item