Saputra, Nickola
(2024)
Peningkatan Literasi Bencana Melalui
Gerakan Literasi Sekolah Pada Siswa SMA Negeri 1 Sungai Tarab
Kabupaten Tanah Datar.
Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi bencana
melalui Gerakan literasi sekolah pada siswa SMA Negeri 1 Sungai Tarab
Kabupaten Tanah Datar.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian
adalah seluruh siswa kelas 11 Moving Class Geografi SMA Negeri 1 Sungai
Tarab. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode
purposive sampling. Jumlah populasi sebanyak 145 dengan orang, adapun jumlah
sampel adalah 53 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
pembagian kuesioner. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala
Likert.
Hasil penelitian ini menunjukkan 79% siswa mengalami peningkatan
kemampuan literasi bencana. Ini didasari didasari dengan adanya pemahaman
baru yang didapatkan siswa baik melalui pemberian materi, kuis, untuk dimensi
pengetahuan dan sikap hingga simulasi untuk dimensi keterampilan, sehingga
seluruh peningkatan yang telihat dari berbagai sisi tersebut menunjukkan bahwa
pemberian materi, kuis, dan simulasi mampu meningkatkan kemampuan literasi
bencana siswa
Actions (login required)
|
View Item |