Peningkatan Literasi Bencana Melalui Gerakan Literasi Sekolah Pada Siswa SMA Negeri 1 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar

Saputra, Nickola (2024) Peningkatan Literasi Bencana Melalui Gerakan Literasi Sekolah Pada Siswa SMA Negeri 1 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_01_NICKOLA_SAPUTRA_20045058_899_2024.pdf

Download (875kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi bencana melalui Gerakan literasi sekolah pada siswa SMA Negeri 1 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas 11 Moving Class Geografi SMA Negeri 1 Sungai Tarab. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jumlah populasi sebanyak 145 dengan orang, adapun jumlah sampel adalah 53 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembagian kuesioner. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan 79% siswa mengalami peningkatan kemampuan literasi bencana. Ini didasari didasari dengan adanya pemahaman baru yang didapatkan siswa baik melalui pemberian materi, kuis, untuk dimensi pengetahuan dan sikap hingga simulasi untuk dimensi keterampilan, sehingga seluruh peningkatan yang telihat dari berbagai sisi tersebut menunjukkan bahwa pemberian materi, kuis, dan simulasi mampu meningkatkan kemampuan literasi bencana siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhyuni, AhyuniUNSPECIFIED
CorrectorMariya, SriUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Literasi Bencana, Gerakan Literasi.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 May 2024 08:00
Last Modified: 15 May 2024 08:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51878

Actions (login required)

View Item View Item