Pengaruh Model Pembelajaran Experiental Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XII IPS di SMA N 1 Palupuh Kabupaten Agam

Fitri, Hilma (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Experiental Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XII IPS di SMA N 1 Palupuh Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_01_HILMA_FITRI_19045016_1155_2024.pdf

Download (527kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar geografi siswa setelah diterapkan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, (2) mengetahui hasil belajar model pembelajaran Experiental Learning pada kelas eksperimen, (3) serta pengaruh penerapan model pembelajaran Experiental Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA N 1 Palupuh Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan metode eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA N 1 Palupuh dengan sampel penelitian yaitu kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 40 orang. Teknik analisis datanya menggunakan uji Liliefors, uji F dan uji Hipotesis(uji T dan uji Ancova). Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan (1) hasil belajar kelas kontrol dilihat dari rata-rata nilai posttest adalah sebesar 79,8, (2) hasil belajar kelas eksperimen rata-rata nilai posttest nya adalah sebesar 89,8, dan (3) hasil uji hipotesisnya yaitu hasil uji t dimana nilai Thitung (4,413) > Ttabel (1,686) dan Uji Ancova diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Maka, H0 diterima dan Ha ditolak. Dapat ditarik kesimpulan bahwasanya terdapat pengaruh model pembelajaran Experiental Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XII IPS di SMA N 1 Palupuh Kabupaten Agam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNova, SariUNSPECIFIED
CorrectorNovio, ReryUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Learning Model, Experiential Learning, Learning Outcomes
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 May 2024 07:51
Last Modified: 15 May 2024 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51877

Actions (login required)

View Item View Item