Optimasi Metode Ekstraksi dengan Penambahan Wet Peroxide Oxidation (WPO) untuk Identifikasi Mikroplastik Polypropylene (PP)

Mainita, Yosi Putri (2024) Optimasi Metode Ekstraksi dengan Penambahan Wet Peroxide Oxidation (WPO) untuk Identifikasi Mikroplastik Polypropylene (PP). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_YOSI_PUTRI_MAINITA_19036048_1876_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Polypropylene merupakan salah satu jenis plastik yang banyak digunakan di pasaran. Bahan plastik ini sering digunakan dalam pembuatan botol minuman, kotak makanan, dan wadah penyimpanan makanan karena dianggap sebagai jenis plastik terbaik. Seiring bertambahnya produksi plastic jenis polypropylene maka bertambah juga cemaran sampahnya terkhusus diperairan, baik itu di laut maupun perairan tawar. Pada faktanya untuk dapat mengetahui jumlah bentuk dan warna mikroplastik tidaklah mudah karena berbagai kendala, yaitu tertutupnya mikroplastik oleh bahan organik alami yang melekat pada mikroplastik, Penelitian ini bertujuan untuk menentukan suatu metode optimum yang dapat mengidentifikasi mikroplastik jenis polypropylene. Plastik jenis polypropylene akan dipotong menjadi ukuran yang sangat kecil, direndam dengan air dan dibiarkan diruangan terbuka selama satu bulan, hal ini bertujuan utuk menyesuaikan kondisi mikroplastik dengan kondisi lingkungan alaminya di perairan terbuka.dan tercemar oleh pengotor organic. Metode yang digunakan adalah Wet Peroxide Oxidation (WPO) yang diadaptasi dari National Oceanic and Atsmospheric (NOAA). Optimasi dilakuan pada suhu oven, konsentrasi katalis Fe(II) dan variasi suhu pemanasan. Karakterisasi dilakukan menggunakan mikroskop stereo, FTIR dan XRF. Hasil penelitian didapatkan kondisi optimum suhu pengovenan yaitu 90°C konsentrasi Fe(II) yaitu 0,1 M dan suhu pemanasan yaitu 75°C. Hasil karakterisasi mikroplastik polypropylene menggunakan mikroskop menyatakan bahwa mikroplastik jenis polypropylene berbentuk fragmen dan filamen , berwarna hitam transparan, kemudian karakterisasi FTIR polypropylene murni, hasil rendaman dan kondisi optimum memiliki perbedaan transmitan pada puncak daerah serapan C=C yang mengindikasikan adanya pengotor dan karakterisasi XRF polypropylene murni, hasil rendaman dan kondisi optimum memiliki pengotor yang berhasil dihilangkan melalui proses WPO.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDewata, IndangUNSPECIFIED
CorrectorSari, Trisna KumalaUNSPECIFIED
CorrectorRiga, RigaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MIKROPLASTIK, POLYPROPYLENE, WET PEROXIDE OXIDATION
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 May 2024 08:00
Last Modified: 15 May 2024 08:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51876

Actions (login required)

View Item View Item