Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD

Putri, Ohara Atika (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_DHARA_ATIKA_PUTRI_19124009_9284_2023.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurang berminatnya peserta didik untuk mengikuti pembelajaran yanghanya di ajarkan dengan menggunakan bahan buku cetak dan LKS yang ada di sekolah melalui tugas baca dan mengerjakan latihan yang ada di buku cetak dan LKS. Produk yang dikembangkan e-modul berbasis Discovery Learning dalam pembelajaran tematik terpadu. Produk yang dirancang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Teknik pengumpulan data menggunakan daftar wawancara, lembar validasi, lembar angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-modul berbasis Discovery Learning dalam pembelajaran tematik terpadu. Hasil yang diperoleh dari pengembangan e-modul berbasis Discovery Learning ini yaitu untuk validator ahli materi memperoleh nilai 91 %, validator ahli media memperoleh nilai 88% dan validator ahli bahasa memperoleh nilai 92%. Pada angket praktikalitas respon guru memperoleh nilai 89% dan angket praktikalitas respon peserta didik memperoleh nilai 98% yang sama-sama dikategorikan sangat praktis. Pada efektivitas untuk mengetahui peningkatan hasil belajar digunakan uji N-Gain dengan perolehan nilai yaitu 73,88 % dengan kategori cukup efektif dan rata-rata yang diperoleh Pre-test yaitu 47,55 naik menjadi 85,22 saat Post-test. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Discovery Learning pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD sudah memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif sehingga mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorAdnan, FachriUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 May 2024 06:14
Last Modified: 15 May 2024 06:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51872

Actions (login required)

View Item View Item