Sandi, Alfun
(2023)
Efektivitas Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Behavioristik dengan Teknik Modelling untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa dalam Belajar di Era New Normal.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Dewasa ini dunia pendidikan berubah dari luring menjadi daring sehingga siswa kurang bisa menyesuaikan diri dalam belajar yang menyebabkan siswa menjiplak tugas teman, keluar dari program saat pembelajaran daring, sering menitipkan absen, datang sekolah tidak tepat waktu, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk bermain game, di waktu zoom kamera dimatikan, dan kesulitan dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Penyesuaian diri yang dialami siswa di era new normal belum ampuh dengan diberikan bimbingan kelompok untuk penanggulangan penyesuaian diri siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk ( 1) menganalisis perbedaan penyesuaian diri siswa dalam belajar sebelum dan setelah mengikuti bimbingan kelompok menggunakan pendekatan behavioristik dengan teknik modelling, (2) menganalisis perbedaan penyesuaian diri siswa dalam belajar kelompok kontrol sebelum dan setelah mengikuti bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus, (3) menganalisis perbedaan antara penyesuaian diri siswa dalam belajar setelah mengikuti kegiatan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan behavioristik dengan teknik modelling dibandingkan kelompok kontrol yang mengikuti bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus.
Metode penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 218
siswa, dengan menggunakan rumus slovin menjadi 141 siswa, selanjutnya dari
hasil data keseluruhan diambil 22 siswa yang dibagi menjadi 11 siswa untuk kelompok eksperimen dan 11 siswa untuk kelompok kontrol. Penarikan sampel yang digunakan Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan model Skala Likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ( 1) terdapat perbedaan yang signifikan penyesuaian diri siswa sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok menggunakan pendekatan behavioristik dengan teknik modelling, (2) terdapat perbedaan yang signifikan penyesuaian diri siswa sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus, (3) terdapat perbedaan yang signifikan penyesuaian diri siswa yang mengikuti bimbingan kelompok menggunakan pendekatan behavioristik dengan teknik modelling dan mengikuti bimbingan kelompok tanpa perlakuan khusus. Oleh karena itu, bimbingan kelompok menggunakan pendekatan behavioristik dengan teknik modelling efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa dalam belajar di era new normal.
Actions (login required)
|
View Item |