Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 43 Padang

Sari, Vivi Noprita (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 43 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_VIVI_NOPRITA_SARI_19029121_93_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, pemahaman konsep matematis peserta didik kelas IX SMPN 43 Padang masih tergolong rendah. Hal ini dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas konvensional. Apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan tipe Team Assisted Individualization lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran Konvensional di kelas IX SMPN 43 Padang Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Randomized Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMPN 43 Padang pada tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep yang dianalisis menggunakan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini dilakukan dengan uji U-Mann Whitney. Berdasarkan hasil analisis data tes pemahaman konsep matematis dengan melakukan U-Mann Whitney diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorMeutia R, MaulaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION, KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 May 2024 08:36
Last Modified: 08 May 2024 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51814

Actions (login required)

View Item View Item